Upacara HUT RI 74, PMI Kecamatan Benda Siagakan Relawan


CERITARELAWAN.id, TANGERANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan Benda  Ikut Berpartisipasi dalam Rangka Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-74 , pada tanggal 17 Agustus 2019 betempat di lapangan Base Camp Jurumudi Kecamatan Benda Kota Tangerang-Banten.


Hasbullah, S. Pd, Ketua PMI Kecamatan Benda kepada CERITARELAWAN.id mengatakan "Personel yang kami turunkan terdiri dari TSR PMI Kecamatan Benda yang sudah mendapatkan pelatihan Pertolongan Pertama (PP), unit PMR dari SMK Excellent 1 Tangerang dan unit PMR SMK Kesehatan Mutiara Insani, semua personel dikerahkan untuk memberikan bantuan jika ada peserta upacara yang perlu mendapat bantuan  dan yang membutuhkan pertolongan pertama dalam pengibaran dan penurunan bendera. 

Yoga Adi Dharama selaku Koordinator Bidang Relawan dan PMR PMI Kecamatan Benda juga menjelaskan bahwa dalam melakukan aksinya para relawan juga melakukan koordinasi dengan  petugas kesehatan lainnya seperti Puskesmas serta personel keamanan, baik Polri maupun TNI dalam pelayanan  medis ini.


Yoga juga menyebutkan ada sejumlah 30 peserta upacara yang menerima manfaat tim Medis PMI Kec Benda dengan penanganan ke lokasi medis, kebanyakan peserta dari siwa/siswi SD, SMP dan SMA dengan keluhan kualifikasi ringan, sedang dan berat. Adapun untuk kualifasi ringan seperti pusing dan lemas, kualifikasi sedang mual, dan pandangan gelap, kualikasi berat seperti; muntah-muntah, sesak napas hingga pingsan. Penanganan yang dilakukan Evakuasi ke mobil ambulan , untuk selanjutnya dilakukan tindakan pertolongan pertama seperti, cek tekanan darah,  buka pernafasan dll.

Ketua PMI Kecamatan Benda Hasbullah, S. Pd  mengatakan pihaknya sudah memberikan arahan dan imbauan kepada seluruh tim relawan yang bertugas untuk selalu menjaga kenetralan dan memegang prinsip-prinsip kepalang merahan dalam menajalankan tugas layanan kemanusiaan ini.

Selain itu, seluruh personel yang ditugaskan wajib menggunakan baju berlogo PMI.

Namun, surelawan yang diturunkan juga harus mengutamakan kesehatan, keselamatan dan keamanan dirinya dalam melakukan aksinya.

Hingga acara penurunan bendera yang dimulai pkl. 16.00 WIB sampai dengan selesai, Alhamdulillah tidak ada satupun peserta upacara yang sakit, katanya. ( ADE KURNIAWAN PMI TANGERANG / Cak Amin CERITARELAWAN.id
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
Get new posts by email: