BAZNAS Gandeng CIMB Niaga Syariah Wujudkan Sanitasi Air Bersih Pesantren At Taqwim Bali


CERITARELAWAN.id, Karangasem (Kamis,26/09/19) peresmian penyerahan bantuan pengadaan sanitasi air bersih / waterwell sanitation yang bertempat di Pondok Pesantren At Taqwim Desa Bukit Kabupaten karangasem. Acara ini dapat terselenggara dari kerjasama CIMB Niaga Syariah bekerjasama dengan BAZNAS Provinsi Bali.


Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Bali bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga Syariah, Pemerintah Dinas Sosial Kab.Karangasem, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Karangasem untuk bantuan program pendistribusian air bersih atau waterwell sanitation yang bertempat di Pondok Pesantrean At Taqwim Kecamtan Bukit Anyar Kabupaten Karangasem untuk salah satu penerima manfaat dalam bencana wilayah kekeringan air.


Program ini diresmikan Kamis (26/9), dihadiri oleh Ketua BAZNAS Provinsi Bali, Drs. H.Mahrusun M.Pd.I ; Ketua BAZNAS Kab.Karangasem Muslim; Wakil Ketua III BAZNAS Kab.Karangasem, Yaya Yadihidayat  Kepala Bimas Islam Kab.Karangasem yg diwakili oleh Irfan, S.Ag, Ketua Pelaksana BPBD Kab. Karangasem, yang diwakili oleh Pika Wiadnyana dan Bpk.Zainul ; Ketua Pelaksana Kegiatan BAZNAS Provinsi Bali, Ahmad Arrasyid, serta Tim BAZNAS Tanggap Bencana Provinsi Bali dan Kab. Karangasem (Riang, Asep, Devi, Alin, Novy, Ratna ,Catur Bagiyo ).


Menurut Laporan Ketua Pelaksana  Kegiatan Program ini wilayah karakter penerima manfaat program distribusi air bersih ini salah satunya adalah Pondok Pesantren At Taqwim Desa Bukit Anyar menjadi lokasi program komprehensif dari seluruh program penyaluran distribusi air bersih yang dilaksanakan BAZNAS Provinsi Bali, meliputi penampungan air tadah hujan dari pemasangan talang pipa dari genteng masjid dan pengadaan tandon air sebesar  2200 Liter.


"Di lokasi ini, BAZNAS Provinsi Bali melakukan pemberdayaan untuk jangka pendek, menengah, serta jangka panjang yaitu water recycle treatment sanitation atau bisa disebut pembuangan limbah air wudhu untuk di olah kembali menjadi air bersih di lokasi ini sekaligus  bisa menjawab permasalahan yang bisa mengatasi kekeringan air. Ucap Ketua BAZNAS Provinsi Bali, Drs. H. Mahrusun, M.Pd.I.

"Terimakasih banyak untuk dukungan dari Bank CIMB Niaga Syariah, Pemerintah setempat  Dinas Sosial, BPBD Kabupaten Karangasem sehingga program pendistribusian pengadaan air bersih atau waterwell sanitation Desa Bukit Anyar ini dapat terus berkelanjutan.

Peran serta masyarakat Desa Bukit juga menjadi kunci pelaksanaan program yang bisa untuk jangka panjang sehingga bencana kemarau yang berdampak kekeringan air ini bisa kita berikan jawban solusi dari sebuah permaslaahan yang berkepanjangan setiap tahunnya" Ujar Ketua Pelaksana Kegiatan BAZNAS Provinsi Bali, Ahmad Arrasyid .


Kemitraan ini merupakan bagian dari kolaborasi yang lebih besar antara BAZNAS Provinsi Bali, Bank CIMB Niaga Syariah, Pemerintah  Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Karangasem dalam inisiatif Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). 


Terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut, desa dataran tinggi Bukit Anyar menawarkan pemandangan indah perkebunan kopi , cengkeh, durian dan ladang sayuran yang menghiasi perbukitan hijau. Dipadu dengan potensi yang dimiliki wilayah desa ini, berbagai kegiatan baru tersebut disiapkan untuk lebih menarik pengunjung dan dapat menambah calon-calon santri baru lagi nanti kedepannya dan dapat memanfaatkan ekonomi lokal adalah salah satu cara konkret untuk membawa SDGs lebih dekat dengan masyarakat.


"Menerapkan SDGs di tingkat lokal membutuhkan pendekatan terintegrasi. BAZNAS Provinsi Bali percaya bahwa pembangunan ekonomi lokal dapat secara efektif mengurangi ketimpangan, memupuk kohesi sosial dari bawah ke atas, menghasilkan peluang bisnis lokal dan pekerjaan yang sangat dibutuhkan. 


Kami berharap dapat melihat hasil dari inisiatif yang kami yakin akan melibatkan masyarakat yang terpinggirkan, khususnya para pengurus dapat berdaya secara ekonomi, pendidikan, dan ketahanan pangan nantinya.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata