Kekeringan di Trenggalek, Baznas Tanggap Bencana Distribusikan Air Bersih


CERITARELAWAN.id, TRENGGALEK - Kemarau panjang yang melanda di Kabupaten Trenggalek mengakibatkan bencana kekeringan di beberapa daerah di Trenggalek. Hal ini membuat  semua elemen di Trenggalek tergerak, termasuk salah satunya BAZNAS Trenggalek.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengalokasikan anggaran untuk bencana kekeringan yang ditujukan guna pendistribusian air bersih kepada daerah terdampak.
Jum’at (6/9/2019), Bupati Trenggalek mendistribusikan air bersih dari BAZNAS ini ke titik sasaran. Pendistribusian dilakukan secara simbolis di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha.


“Ini bantuan dari BAZNAS Trenggalek. Rencana akan ada 68 Tanki air bersih yang akan dibagi ke beberapa titik, mulai dari Terbis, Karangtengah, Besuki. Fokusnya 6 desa di Kecamatan Panggul yang sampai dengan hari ini situasinya masih kekeringan,” tutur Bupati termuda ini usai memberangkatkan mobil tanki air secara simbolis.
Menurut suami Novita Hardini ini “bencana kekeringan tahun ini tidak separah tahun-tahun yang lalu, tetapi tetap ada,” imbuhnya.
“Makanya proyek jangka panjangnya kita harus besar-besaran untuk menjaga sumber mata air untuk mereka.”


Di PKPLH juga banyak digelontor untuk Broncaptering, pembuatan sumur,  kemudian saluran perpipaan untuk menyambung saluran-saluran untuk rumah tangga.
Agar tidak tumpang tindih dan pendistribusian air merata, Pemerintah melakukan sharing data dengan BPBD. “kan BAZNAS juga selain berdasarkan permohonan, tetapi juga berdasarkan peta dari BPBD. Di BAZNAS sendiri ada BAZNAS Tanggap Bencana (BTB), juga menjadi potensi relawan BPBD sehingga datanya sinkron,” lanjut Nur Arifin.
Bukan berarti desa yang dikirim kemudian mereka tidak butuh untuk dikirim lagi. Airnya setelah dipakai kan juga habis, sehingga harus ada pengulangan.
Sumber pendanaan dari hal ini kita kolaborasikan dengan beberapa pihak, ada dari APBD, ada sumbangan murni dari  masyarakat, kemudian juga dari zakat infaq shadaqah masyarakat lewat BAZNAS yang kita distribusikan.
Sementara ini kita alokasikan 68 tanki, bila kemungkinan dirasa dibutuhkan lagi kita alokasikan kembali, hari ini Polres juga mendistribusikan air bersih di beberapa tempat.
Intinya kita melakukan sharing distribusi air bersih dengan beberapa pihak untuk mengatasi bencana kekeringan.
Dalam pendistribusian air bersih ini BAZNAS Trenggalek bekerjasama dengan PDAM Trenggalek. (Deni Baznas Trenggalek / CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
Get new posts by email: