PMI NTB Latih Relawan Pembuatan Hunian Aman Dukungan IFRC & Kementerian PUPR


CERITARELAWAN.id, NUSA TENGGARA BARAT - Dalam rangka membantu pemerintah dalam bidang hunian selama program pemulihan pasca gempa Lombok, PMI memberikan pelatihan pembuatan hunian aman serta sertifikasi keahlian tukang dalam pemasangan rangka baja ringan untuk para relawan PMI.

Ahyanto fasilitator pelatihan kepada CERITARELAWAN.id mengatakan kegiatan ini terlaksana berkat dukungan IFRC dan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas relawan PMI dalam membuat konsep hunian aman.


Sasaran dalam kegiatan ini meliputi 4 Kabupaten yang ada di Pulau Lombok diantaranya Lombok tengah, Lombok timur, Lombok utara dan Lombok barat. terangnya.

Ahya mengungkapkan pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 28 - 30 Oktober 2019 dengan total peserta pelatihan sebanyak 30 orang relawan dengan 5 fasilitator yang berasal dari PMI Lombok timur sebanyak 2 orang, IFRC 1 orang dan Jasa kontruksi Surabaya 2 orang.

Pelatihan ini diawali dengan pembahasan seputar pengalaman peserta selama bertugas saat program tanggap bencana hingga pemulihan.


Inti pembahasan dari pelatihan ini adalah cara membuat hunian dengan menggunakan kerangka berbahan baja ringan.

Ahyanto berharap, peserta dapat meneruskan ilmu yang diperoleh di pelatihan kepada masyarakat tentang bagaimana cara membuat hunian yang aman dan bahaya penggunaan asbestos. Pungkasnya (Nurul Izzati PMI NTB / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close