15 DDS Kota Magelang dapat Penghargaan dari Presiden


CERITARELAWAN.id, MAGELANG - Sebanyak 15 orang relawan pendonor darah sukarela Kota Magelang, Jawa Tengah dalam waktu dekat akan menerima penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial dari Presiden  Joko Widodo karena telah melaksanakan aksi sosial donor darah lebih dari 100 kali.

Sebanyak 14 dari 15 pendonor tersebut sebelum berangkat ke Jakarta, beraudiensi dengan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito di Magelang, Selasa, (10/12/2019).

Satu di antara mereka telah meninggal dunia, namun tetap akan menerima penghargaan.

Sigit menjelaskan tentang penghargaan Presiden kepada mereka itu sebagai apresiasi pemerintah karena selama ini telah menjadi sukarelawan donor darah hingga lebih dari 100 kali.

"Para pendonor layak disebut sebagai pahlawan kemanusiaan. Sebab mereka telah tulus dan ikhlas dalam menolong sesama dan sama sekali tidak mengharapkan balas jasa. Semangat seperti ini harus disebarluaskan. S emoga menginspirasi, semakin banyak masyarakat yang melakukan hal sama," 

Ia juga menjelaskan bahwa penghargaan tersebut juga menunjukkan bahwa PMI Kota Magelang sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat setempat dan sekitarnya untuk menyalurkan kebutuhan darah karena selama ini memberikan pelayanan secara optimal.

"Tidak hanya Kota Magelang, bahkan sampai Purworejo mereka mendonorkan darah melalui PMI Kota Magelang. Itu karena pelayanan yang baik, ruangan ber-AC, bersih. Saya hadir karena supaya menginspirasi masyarakat dan PMI lainnya agar bergerak, kebutuhan darah tercukupi," katanya.

Untuk mensupport pelayanan disaat yang sama Pemkot Magelang memberikan satu sepeda motor kepada PMI Kota Magelang.

Sumartono Ketua PMI Kota Magelang  menambahkan para penerima penghargaan adalah pendonor darah sukarela yang secara teratur setiap 2,5-3 bulan menyumbangkan darahnya kepada orang lain melalui PMI setempat.

"Penghargaan adalah apresiasi kepada pendonor yang lebih dari 100 kali berdonor, atau rata-rata sudah 25 tahun. Mereka tidak hanya dari Kota Magelang tapi juga luar kota. Satu orang yang meninggal tetap diberi penghargaan" katanya didampingi Wakil Ketua PMI Kota Magelang Sri Harso.

PMI Kota Magelang mencatat di antara para penerima penghargaan tersebut, yang tertua dan masih aktif hingga 147 kali donor darah atas nama Alexander Daniel Pangka (78), sedangkan pendonor terbanyak Bambang Istianto (68) yang berdonor 159 kali. (ca).
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata