PMI Lombok Barat Gelar Pelatihan SIBAT di Desa Lembah Sari


CERITARELAWAN.id, LOMBOK BARAT - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lombok Barat menggelar pelatihan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di Desa Lembah Sari Kecamatan Batu Layar Kabupaten Lombok Barat. 

Mardiansyah Relawan PMI Lombok Barat kepada CERITARELAWAN.id mengatakan pelatihan sibat dimulai pada hari sabtu tanggal 21/12/2019 bertempat di aula Madrasah Aliyah Al Hamidiyah Dusun Sidemen Lauq Desa Lembah sari. 

Pembukaan dihadiri oleh Pengurus PMI Lobar, Kepala Desa Lembah Sari, BPD, Babinsa, Babinmaspol dan peserta pelatihan sibat sebanyak 25 orang. 

Tujuan pelatihan siaga bencana berbasis masyarakat ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam melaksanakan upaya-upaya kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana yang terjadi dilingkungannya.  

Pelatihan sibat ini di selenggarakan selama Tujuh hari kedepan dengan jumlah peserta 25 anggota sibat dari beberapa unsur masyarakat perwakilan masing2 dusun di Desa Lembah sari dan di fasilitasi oleh 4 orang fasilitator dan 2 orang panitia dari unsur relawan pmi lobar.

 H. sibawaihi.S.Pd. I Kepala Desa Lembah Sari mengucapkan ribuan terima kasih kepada PMI pusat, provinsi,kabupaten/kota,khususnya PMI Lombok barat, sdh bersedia menyelenggarakan pelatihan sibat.

Saya ucapkan banyak terimakasih kepada PMI pada umum nya, khusus nya pmi lobar, atas perhatian nya terhadap Desa Kami, mulai awal gempa sampai saat ini, dan kedua,terima kasih juga buat IFRC atas support nya terhadap pelatihan ini. Semoga dengan ada nya pelatihan sibat ini mampu meningkatkan kapasitas masyarakat dan meningkat kan lagi kesiapsiagaan dalam menghadapi suatu bencana.

Koordinator PRB PMI Lombok Barat Umar Yadi Idris, S. Pd. menambahkan semoga dengan pelatihan ini bisa menambah pengetahuan dan kesadaran akan bahaya, kerentanan,  kapasitas dan upaya-upaya mitigasi yang dibekalkan kepadanya, masyarakat diharapkan mampu membuat peta rawan bencana diwilayahnya,  sehingga masyarakat dapat mengenali jalur-jalur evakuasi penyelamatan yang aman. (ca)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata