Puskesmas Gondrong Petir Gelar Pelatihan Dokter Kecil Gandeng PMI Kota Tangerang


CERITARELAWAN.id, TANGERANG - Puskesmas Gondrong Petir bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang menggelar pelatihan dokter kecil bagi sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) di gedung Puskesmas Gondrong Petir Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang. (amin)

“Pelatihan dokter kecil ini, salah satu program kerja yang ada di Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil di sekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah,” ucap Ade Kurniawan kepala Biro Humas PMI Kota Tangerang.

Dijelaskannya, dalam kegiatan yang digelar di aula puskesmas petir itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti patah tulang, pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.

“Materi-materi sederhana tersebut, kami harap dapat mengajarkan para peserta minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah,” ujar Ade

drg. Chairyah Kartika
Pelaksana UKS mengatakan tujuan pelatihan Dokcil untuk pembinaan siswa di sekolah supaya bisa menjadi roll model bagi temen-temennya, dilingkungan sekitar kemudian menjadi cintoh yang baik dan juga untuk membatu jika ada hal-hal yang berkaitan kesehatan di sekolah peserta melakukan pertolongan pertama.  Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

"Kami mengadakan kegiatan ini ada beberapa gelombang karena arahan dari Dinas Kesehatan seluruh sekolah tingkat Dasar harus mendapatkab pelatihan dokcil minimal 10 persen dari sekolah yang ada di wilayah puskesmas gondrong petir". Ucap Chairyah

Lanjut Chairyah berharapan semoga setelah pelatihan ini bisa berkelanjutan baik ilmu yang di dapatnya bukan sekerdar mengikuti kegiatan saat kegiatan ini saja karena supaya bisa bermanfaat bagi sekolah dan masyarakat kedepannya.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Puskesmas Gondrong Petir Gelar Pelatihan Dokter Kecil Gandeng PMI Kota Tangerang"