Bersama BAZNAS, Bupati Trenggalek Salurkan Kartu Penyangga Ekonomi Masyarakat


CERITARELAWAN.id, TRENGGALEK - Bersama tiga pilar, Kapolres Trenggalek, AKBP Jean Calvijn Simanjuntak dan Dandim 0806 Trenggalek, yang diwakili Kapten Hendro, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin salurkan kartu penyangga ekonomi kepada masyarakat di Desa Puyung, Kecamatan Pule, Selasa (7/4/2020).

Kartu penyangga ekonomi ini sendiri merupakan terobosan yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Trenggalek menggandeng BAZNAS Kabupaten Trenggalek dan BRI Cabang Trenggalek, untuk meringankan beban bagi warga yang terdampak secara sosial ekonomi akibat pelaksanaan isolasi mandiri, physical distancing guna mencegah penyebaran Virus Corona.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, dalam penyaluran tersebut menuturkan, "program ini melanjutkan program pemerintah, khususnya bagi masyarakat yang rentan terdampak langsung pembatasan dirumah, diluar penerima program BPNT hingga PKH dan diluar bantuan provinsi akan kita intervensi dengan bantuan kartu penyangga ekonomi," tuturnya.

"Bantuan ini kita rupakan 5 kg beras dan satu kartu penyangga ekonomi," imbuhnya.
Masih menurut pria yang akrab disapa Gus Ipin ini, "hari ini kami mengecek diatribusi di Desa Puyung, Kecamatan Pule, kesiapan depo sekaligus bagaimana sosialisasi kepada masyarakat," lanjutnya.

Pemerintah desa kita harapkan bisa door to door, karena ini kami tujukan untuk mengurangi kerumunan masa, sehingga dilakukan door to door. Nanti akan kita coba untuk salah satu penerima apakah bisa bertransaksi di depo.
"Jadi apa yang kita lakukan saat ini adalah mengecek apakah sasarannya tepat, deponya siap dan apakah benar kartunya bisa digunakan untuk bertransaksi," tutup Nur Arifin.

H. Mahsun Ismail selaku Ketua BAZNAS Trenggalek yang turut mendampingi Bupati menyampaikan “prinsipnya BAZNAS Kabupaten Trenggalek sebagai lembaga yang ditugaskan sebagai pengumpul dana gotong-royong dari masyarakat dan berbagai organisasi dan komunitas yang turut peduli, sedangkan data calon penerima kami menunggu dari Dinas Sosial dan P3A Trenggalek, Alhamdulillah sampai tanggal 06 April sudah terhimpun dana Rp. Rp. 726.348.263,-, semuanya untuk program ini, tegasnya.

Sedangkan menurut Kepala Dinas Sosial P3A Trenggalek, Ratna Sulistyowati, di Desa Puyung terdapat 9 orang penerima manfaat. Secara keseluruhan untuk Kecamatan Pule ada 118 orang yang menerima manfaat. Data ini bisa bergerak terus karena data dari desa belum masuk, tegasnya.

Semua usulan akan kita akomodir namun semua tetap harus melalui proses verifikasi, sehingga bantuan ini jangan sampai tidak tepat sasaran, imbuh Kadinsos ini dan di bulan April ini kita siapkan 5.000 kartu yang dimungkinkan itu bisa bertambah. (ca/baznas trenggalek)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close