Covid-19, PMI Kota Semarang Semprot 171 Lokasi Dengan Disinfektan


CERITARELAWAN.id, SEMARANG - Dalam upaya mencegah atau memutus rantai penularan Covid-19, PMI Kota Semarang telah melakukan spraying atau penyemprotan disinfektan di 16 Kecamatan Se-Kota Semarang.

Kegiatan tersebut melibatkan 30 relawan PMI dari anggota Korps Sukarela (KSR) & Tenaga Sukarela (TSR) dengan menggunakan peralatan 7 mesin sprayer elektrik, 2 mesin sprayer di mobil pick up dan alat pelindung diri (helm, kaca mata, masker, sarung tangan, spatu booth & baju pelindung/hansmat).
Hingga hari ini, senin (27/4) PMI telah melakukan penyemprotan disinfektan di 171 lokasi. Sasarannya adalah tempat ibadah, gedung pendidikan (Paud-Perguruan Tinggi), Pondok Pesantren, tempat kesehatan, gedung pemerintahan, tempat publik hingga lingkungan warga, ujar Bambang Kristyono, Kabag. Yanmas. “Penyemprotan disinfektan yang dilakukan tersebut tanpa dipungut biaya kecuali perusahaan atau kantor dikenakan biaya,” tambah Bambang.
Promosi kesehatan terkait Covid-19 juga kami lakukan bekerja sama dengan Media cetak & elektronik serta menyebarkan media Komunikasi, Informasi & Edukasi (KIE) PMI lewat media sosial PMI serta himbuan melalui pengeras suara yang kami pasang di mobil Pick Up.

Menurut Kepala Markas Endang Puji Astuti, sesuai instruksi walikota bahwa penyemprotan dilakukan di tempat public/fasilitas umum dan fasilitas sosial tanpa dipungut biaya kecuali perusahaan dan kantor profit diharapkan melakukan spraying mandiri. Namun apabila perusahaan atau kantor menginginkan spraying disinfektan kepada PMI, kami kenakan biaya sebesar 500 ribu rupiah.
Walikota Semarang Hendrar Prihadi Pimpin Apel Bersama












“Biaya tersebut kami masukkan ke dalam donasi bencana, jadi dapat digunakan kembali untuk membantu masyarakat yang membutuhkan saat terkena musibah” kata EPA sapaan akrabnya.Pencegahan Covid-19 lewat Penyemprotan disinfektan dilakukan secara serentak usai apel bersama (20/3) di lapangan simpang lima dengan melibatkan jajaran TNI/Polri, Dinkes, Dinsos, BPBD dan Komunitas Relawan Kota Semarang yang dipimpin langsung oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, SE, MM.

Selain itu bantuan pelayanan mobil ambulan dan mobil jenasah kami siapkan, namun karena terbatasnya APD standart yang kita miliki, untuk penanganan covid-19 harus kita seleksi dan koordinasikan dengan Dinas Kesehatan Kota karena memang itu tugas Rumah Sakit di ring 1.


Untuk warga Kota Semarang yang terdampak langsung (ODP dan PDP) dan memerlukan bantuan, PMI akan memberikan bantuan logistik berupa sembako dan perlengkapan mandi untuk 1 bulan.
Terkait instruksi dari pemerintah bahwa semua masyarakat bila keluar rumah harus mengenakan masker, PMI siapkan 1000 masker untuk dibagikan terutama bagi pengunjung yang berobat di Klinik PMI dan kaum difabel, pungkas EPA.
Apabila masyarakat, instansi atau perusahaan membutuhkan penyemprotan disinfikten dapat menghubungi PMI dan membuat surat permohonan dikirimkan via WA 082136700876 atau email kota_semarang@pmi.or.id.
Mari kita patuhi anjuran & aturan pemerintah, selalu ingat “BAIK” yakni Biasakan mencuci tangan memakai sabun, Ayo gunakan masker, Ingatlah etika bersin dan batuk, Kurangi bepergian jika tidak ada keperluan mendesak. (ca/humas)

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Covid-19, PMI Kota Semarang Semprot 171 Lokasi Dengan Disinfektan"

BERITA MENARIK LAINNYA
close