Relawan PMI Pasaman Barat Bantu Pemakaman Jenazah PDP Covid-19


CERITARELAWAN, Pasaman Barat - Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Pasaman Barat turut membantu proses Pemakaman jenazah seorang PDP yang meninggal dalam perawatan RSUP. M.Djamil Padang, Senin (27/4/2020).

Prosesi pemakaman  PDP inisial MI dilaksanakan sesuai standar Protokoler CCovid-19 di Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat, ," ungkap Jubir Gugus Tugas COVID-19 Pasaman Barat , dr Gina Alecia , Senin (27/4/2020).


Sebelumnya pasien bolak-balik berobat ke RSUP. M. Dajamil padang karena penyakit kronis yang dialaminya. Pasien merupakan PDP COVID-19 dan hasil tes swabnya belum keluar.

Juga dijelaskan, almarhum ini berjenis kelamin laki-laki umur 50 tahun dan bukan pasien rujukan dari Pasaman Barat . Pasien merupakan warga Padang Pariaman.

"Almarhun di Makamkan secara Protokoler dengan SOP COVID-19 di Kinali atas permintaan atas permintaan anaknya dan tidak ada penolakan lokasi pemakaman baik itu di Padang Pariaman, begitu juga di Pasaman Barat ," jelasnya

Untuk sementara ini hasil swab almarhum belum keluar dari Laboratorium FK Unand Padang, Dalam proses pemakaman hari ini berjalan dengan lancar, proses penguburan jenazah sudah sesuai dengan SOP.


Pemakaman tersebut juga dibantu Tim PMI Pasaman Barat dengan kelengkapan menggunakan APD level 3 sesuai prosedur penanganan Covid-19.


"Setelah kami telusuri, Almarhum selama sakit tidak pernah kontak dengan keluarganya di Kinali Pasaman Barat," tegasnya.


Ia mengharapkan masyarakat tidak percaya dengan berita yang beredar bahwa anak almarhum pernah kontak dengannya.


"Masyarakat diharapkan tenang dan tidak resah. Mari ikuti petunjuk pemerintah untuk mengantisipasi COVID-19," ajaknya.

Sementara Komandan Markas Palang Merah  Indonesia Kabupaten Pasaman Barat Rida Warsa akrap disapa Ujang saat dihubungi Figurnews.com menuturkan  "Terimakasih rekan relawan PMI Pasbar telah membantu pemakaman tadi sore. Sebuah misi kemanusiaan untuk menjalankan fardhu kifayah sesama muslim".


"Pemakaman sesuai protokoler Covid-19 adalah pekerjaan mulia yang hanya bisa dilakukan oleh relawan yang berhati mulia pula, yang di jiwanya hanya ada kata Siap Bantu Untuk Kemanusiaan". Pesan Ujang. 


"Semua relawan menggunakan APD lengkap sesuai dengan prosedur dan APD disediakan oleh BPBD dan Dinas Kesehatan lengkap. Setelah pemakaian APD tersebut dimusnahkan sesuai prosedur pemusnahan Limbah Infeksius". pungkas Ujang.

Terimakasih kawan2 relawan yang telah menjalankan amanah yang mulia dari Gugus Tugas Covid19 Kabupaten Pasaman Barat walau ditengah ujian Puasa bulan Ramadhan kalian tetap bersemangat.


Semoga Allah SWT membalas seluruh kebaikan kalian dengan balasan yang berlipat ganda. Jazakallahu Khair. Salam kemanusiaan..! (Dodi Ifanda/FigurNews)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Relawan PMI Pasaman Barat Bantu Pemakaman Jenazah PDP Covid-19"

BERITA MENARIK LAINNYA
close