PMI Ikuti Apel Siaga Bencana di Kabupaten Magetan



CERITARELAWAN.ID, Magetan - Bertempat di halaman Pemda Kabupaten Magetan, Bupati Magetan, Dr. Drs. H. Suprawoto, S.H,. M.Si bertindak sebagai pimpinan apel gelar pasukan dalam rangka kesiapsiagaan bencana alam di Kabupaten Magetan, Senin (16/11).

Apel tersebut dimaksudkan sebagai bentuk pengecekan, baik personil maupun kelengkapan alat yang menghimpun kekuatan untuk ikut serta mencegah dan memulihkan bencana alam yang ada di wilayah Magetan. Untuk itulah dibutuhkan kerjasama lintas sektor maupun pihak lain dalam mengidentifikasi dengan penanganan yang komprehensif dan terpadu menentukan tindakan yang diambil untuk mencegah, mengurangi maupun memulihkan dampak dari bencana itu sendiri. Tentunya hal ini mengingat kondisi alam Magetan yang juga rawan terhadap bencana alam.



Selain itu, edukasi penanggulangan bencana alam kepada masyarakat juga penting dengan meningkatkan kualitas sdm (antisipasi ancaman, prediksi, adaptasi, memulihkan kembali), peningkatan data informasi dan pembentukan daerah tangguh bencana serta kemudahan akses bagi pihak lain dalam membantu menangani bencana. 

Doni Komarudin Prasetyo staf PMI Kabupaten Magetan menambahkan Kabupaten Magetan  merupakan wilayah yang tidak luput dari potensi bencana, terutama musim hujan seperti saat ini. Untuk itu kesiapsiagan tetap diperlukan baik SDM maupun peralatan pendukung.



Perlu disampaikan bencana alam termasuk peristiwa atau rangkaian yang mengancam dan mengganggu kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam, yang memerlukan kecepatan, ketepatan dalam penanganan, oleh karenanya PMI termasuk juga bagian dari potensi relawan juga menyiapkan diri baik tenaga maupun sarana dan prasarana yang ada bila sewaktu waktu dibutuhkan bila terjadi bencana demi meminimalisir adanya kerugian akibat bencana. Pungkasnya

Pewarta amin
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN.ID2020
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "PMI Ikuti Apel Siaga Bencana di Kabupaten Magetan"

BERITA MENARIK LAINNYA
close