PMI Sosialisasi PetaBencana.id di Banyuwangi


CERITARELAWAN.ID, BanyuwangiWarga Banyuwangi saat ini sudah bisa berbagi informasi bencana secara mudah. Cukup dengan menggunakan aplikasi media sosial dan langsung dapat diakses oleh publik secara real time.

Sosialisasi aplikasi yang diberi nama PetaBencana.id ini digelar selama dua hari mulai 17–18 November 2020 di Gedung PMI Banyuwangi. Sosialisasi yang dihadiri awak media ini dikemas dengan Pelatihan Pelaporan Gempa Bumi via Media Sosial yang diadakan oleh Yayasan Peta Bencana dan Palang Merah Indonesia (PMI). 

Perwakilan PetaBencana.id Adhitya Yusuf mengatakan, pelatihan tersebut diikuti oleh warga dan para pemangku kepentingan bencana di wilayah Banyuwangi. Di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi, pelajar, mahasiswa, relawan PMI, dan organisasi kebencanaan lokal.

”Sosialisasi dan pelatihan ini merupakan bagian dari Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi di Indonesia PMI dan American Red Cross yang didukung oleh Yayasan Peta Bencana di Kabupaten Banyuwangi,” ujar Adhitya. 

Dalam pelatihan ini, warga diperkenalkan dengan sistem PetaBencana.id, yang memanfaatkan partisipasi warga dalam berbagi informasi bencana menggunakan media sosial. Selain mendapatkan gambaran tentang sistem tersebut, peserta juga dilatih cara membuat laporan bencana gempa bumi. Dengan pengaplikasiannya yang relatif singkat dan mudah, Adhitya berharap platform ini dapat membangun partisipasi aktif warga Banyuwangi dalam upaya penanggulangan bencana. 

Adhitya menjelaskan, laporan PetaBencana.id bisa dikirimkan dan diakses di seluruh wilayah Indonesia. ”Warga bisa mengirimkan laporan bencana via media sosial dengan men-twit @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana, atau mengirim pesan Telegram ke @bencanabot,” pungkasnya.

Laporan PetaBencana.id bisa diakses dan dikirimkan di seluruh wilayah Indonesia. Warga bisa mengirimkan laporan bencana via media sosial dengan men-twit @petabencana, mengirim pesan Facebook ke @petabencana, atau mengirim pesan telegram ke @bencanabot. Selain gempa bumi, warga juga dapat melaporkan informasi bencana lain yaitu banjir, angin kencang, kebakaran hutan, kabut asap, dan gunung api. Pemerintah juga memantau peta tersebut untuk mengukur situasi dan respon yang sesuai, juga dapat menampilkan kondisi terkini pada peta untuk memperingatkan warga tentang kondisi bencana.

PetaBencana.id adalah bagian dari USAID-BNPB InAWARE: Proyek Manajemen Bencana Peringatan Dini dan Penguatan Kapasitas Dukungan Keputusan di Indonesia; mitra pelaksana BNPB yang didukung oleh U.S. Agency for International Development (USAID). Proyek ini terselenggara berkat kolaborasi dengan mitra proyek yaitu Pacific Disaster Center University of Hawaii dan Humanitarian Openstreetmap Team (HOT), serta Palang Merah Indonesia; mitra data termasuk MapBox, Twitter, qlue, dan PasangMata detik.com. 

Pewarta amin
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN.ID2020



CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "PMI Sosialisasi PetaBencana.id di Banyuwangi"