21.990 Jiwa Terdampak Banjir di Kalsel, 6.346 Rumah Terendam

Foto: Sebanyak 21.990 jiwa dan 6.346 unit rumah di Tanah Laut, Kalsel, terendam banjir (dok BNPB)

CERITARELAWAN.ID, Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan ada 21.990 jiwa terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan (Kalsel). Ada sebanyak 6.346 unit rumah terendam banjir.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Laut melaporkan bahwa saat ini tinggi muka air terpantau sekitar 150 cm sampai 200 sentimeter yang merendam 6.346 unit rumah," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Djati, Jumat (15/1/2021).

Data tersebut dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB per Jumat (15/1) pukul 11.40 WIB. Saat ini, BPBD Tanah Laut masih melakukan pendataan 5 titik pengungsian bagi masyarakat.

"BPBD Kabupaten Tanah Laut juga menginformasikan akses jalan dari Palaihari ke Banjarmasin terputus akibat banjir. Saat ini tim gabungan bergotong royong dalam melakukan penanganan bencana yang terjadi," kata dia.

BPBD Kabupaten Tanah Laut juga mendata beberapa kebutuhan mendesak yang dibutuhkan masyarakat terdampak seperti sandang, pangan, terpal, matras, selimut, dan peralatan dasar kebencanaan. Berdasarkan pemantauan BMKG, Kalsel berpotensi mengalami hujan ringan hingga sedang.

"BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan siaga, ditengah musim hujan yang akan terjadi hingga Februari 2021. Masyarakat juga dapat memantau informasi prakiraan cuaca melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, banjir di Tanah Laut turut berdampak ke lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Kalsel. Akibatnya, tahanan pun mulai dievakuasi.

"Hari ini debit air masih belum surut hingga mencapai pinggang orang dewasa," ujar Kepala Rutan II-B Barabai, Gusti Iskandarsyah, dalam keterangan yang disampaikan Kabag Humas Ditjen Pemasyarakatan (Pas) Kemenkum HAM Rika Aprianti, Jumat (15/1).

Rutan II-B Barabai yang terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah disebut terdampak paling parah dari banjir ini. Akses jalan protokol juga disebut masih terendam banjir.

Gusti mengatakan evakuasi dilakukan terhadap 56 tahanan yang terdiri atas tahanan perempuan dan kelompok rentan. Sementara itu, Rika mengatakan lokasi lain yang terdampak banjir adalah Lapas Banjarmasin, Balai Pemasyarakatan Banjarmasin, dan Kantor Wilayah Kemenkum HAM Kalsel.

Pada Rabu, 13 Januari, Polda Kalsel mengerahkan tim untuk mengevakuasi masyarakat yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut (Tala). Ada tujuh kecamatan yang masih terendam banjir saat itu.

Sumber berita asli detik.com

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "21.990 Jiwa Terdampak Banjir di Kalsel, 6.346 Rumah Terendam"

BERITA MENARIK LAINNYA
close