Bantu Atasi Kesulitan Air Bersih, PMI Datangkan Mesin Pengolah Air ke Hulu Sungai Tengah


CERITARELAWAN.ID, BARABAI – Sepekan lebih sejak banjir bandang menyapu sebagian besar wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), air bersih masih menjadi problematik di tengah masyarakat.

Hingga hari ini, Sabtu (23/1) bantaran air sungai masih terpantau keruh (coklat kemerahan), sehingga masih belum memungkinkan untuk dikonsumsi.

Palang Merah Indonesia (PMI) HST bekerja sama dengan PMI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) datangkan mesin pengolah air bersih siap pakai.

Mesin bernama NUF Filtration ini dilansir dapat menghasilkan saringan air bersih 1.200 liter perjam.

Koordinator WASH (Water Sanitation and Higiene) PMI HST, M Syaiful Rahman menjelaskan, bahwa mesin beserta mekanik didatangkan langsung dari Kaltim.

“Karena keterbatasan tenaga dan mesin, sementara kami hanya bisa mendistribusikan air bersih ke Desa Benawa Tengah dan Desa Bungur bersama Om Gowank dan kawan-kawan dari PMI Kaltim,” ujarnya. Seperti dilansir dari metro7.co.id

Hingga hari ini, kata Syaiful, pihaknya masih terkendala jumlah tandon air yang terbatas, sehingga masih belum mampu memperluas jangkauan pendistribusian.

“Untuk para dermawan yang ingin mendonasikan tandon air bisa langsung datang ke posko PMI HST di kampus STAI Al-Washliyah Barabai,” pungkasnya. (Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Bantu Atasi Kesulitan Air Bersih, PMI Datangkan Mesin Pengolah Air ke Hulu Sungai Tengah"