Krisis Air Bersih, PMI Tanah Laut Percepat Distribusi Tandon



CERITARELAWAN.ID, TANAH LAUT – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan akan menyelesaikan droping 140 tandon air bersih berkapasitas masing masing 600 liter. 
Distribusi tandon lengkap dengan instalasinya tersebut akan terselesaikan dalam pekan ini termasuk ke daerah yang mengalami krisis air bersih.  

Percepatan droping tandon air bersih tersebut dikarenakan sangat dibutuhkan oleh masyarakat pasca bencana banjir, serta memberi kemudahan warga korban bencana saat membutuhkan air untuk kebutuhan sehari hari tanpa harus antri. 

“Minggu ini droping tandon air bersih ke 6 kecamatan kita upayakan selesai beserta instalasi pendukungnya, sehingga warga dapat menggunakan air bersih dengan mudah dan terjangkau, Kondisi kekurangan air bersih ini terjadi akibat terputus dan terganggunya jaringan perpipaan PDAM maupun belum layak dikonsumsinya sumur-sumur warga yang tercemar akibat banjir.” harap Drs. H. Syahrian Nurdin, M. Si, Ketua PMI Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Selasa (23/2/2021).

Sementara 30 Unit tendon didistribusikan ke Kecamatan Bumi Makmur, besok menyusul di kecamatan Gunung Raja, Kurau, Bati-bati, Takisung dan Pelaihari, 6 Kecamatan itu yang mengalami krisis air bersih pasca banjir sesuai dengan hasil assesment relawan di lapangan.

“tidak hanya menunggu permintaan dari  warga, tetapi juga berdasarkan hitungan teknis hasil assessment yang kemudian datanya diolah dibuat Skala Prioritas,” tuturnya. 

Secara hitungan teknis, setiap orang membutuhkan sebanyak 15 liter air bersih setiap hari, sementara tandon berisi 600 liter yang artinya untuk satu tandon bisa mencover 40 orang atau sekitar 8 kepala keluarga dengan asumsi 1 kepala keluarga terdiri 5 orang. (Ghufron/Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close