Bersama Palang Merah Amerika, PMI Banyuwangi Gelar Workshop Rumah Aman Gempa


CERITARELAWAN.ID, Banyuwangi - Kabupaten Banyuwangi merupakan Pilot Project Program Kesiapsiagaan Gempa bumi yang di inisiasi oleh PMI dan Palang Merah Amerika.

Hal ini disampaikan Plt. Ketua PMI Kabupaten Banyuwangi DR. H Nurhadi, MM dalam pidatonya dalam acara Pembukaan Workshop Kode Bangunan Rumah Aman Gempa di Markas PMI Kab.Banyuwangi. senin, (01/03/2021) 

Nurhadi menyampaikan Program ini sudah berjalan sejak Agustus 2019, dimulai dengan pembentukan Sibat yaitu Siaga Bencana Berbasis Masyarakat hingga memberikan banyak pelatihan dalam upaya peningkatan kapasitas baik Pengurus, Relawan , Sibat juga masyarakat.

Dalam Kegiatan ini menghadirkan 4 Narasumber ahli diikuti oleh Sibat dan pemangku wilayah program, komponen Perbankan, Hotel, Developer, Instasi Pemerintah dan Swasta, BPBD, BMKG, Perumahan dan ORARI, RAPI radio.
 
Materi tentang potensi resiko bencana diwilayah Banyuwangi disampaikan oleh BPBD, kemudian terkait Ilmu Kegempaan oleh Ibu Rahma dari Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Bandung yang disampaikan secara virtual bersama beliau, dilanjutkan tentang Regulasi Pemerintah terkait Standart Kode Bangunan oleh Dinas PU CKPP, dan terakhir tentang struktur dan pentingnya Upaya Penguatan Rumah Aman Gempa atau Retrofitting yang dipaparkan oleh Konsultan Retrofitting dari Palang Merah Amerika, yaitu Ir. Arwin Soelaksono. 

Dalam paparannya Arwin Soelaksono menjelaskan "sampai dengan saat ini sudah membangun kurang lebih 3500 bangunan, yang sebagian besar adalah Bangunan pasca bencana."

Menurut Ismy Panitia Pelaksana dari PMI Kabupaten Banyuwangi menambahkan “Rangkaian dan Tahapan Kegiatan dilaksanakan dalam persiapan menjelang pengerjaan Pemodelan Rumah Aman Gempa, setelah siang hari melaksanakan Workshop, saat malamnya berlanjut PMI Kabupaten Banyuwangi menggelar Forum diskusi yang dirangkai breafing.
 
"Kegiatan dihadiri oleh Konsultan Pusat dan local, Tukang dan pemilik rumah yang akan diretrofitting, Sibat dan Lurah Pemangku 2 Wilayah program, imbuhnya.”

Semenatara Harris perwakilan Palang Merah Amerika menyampaikan “Harapannya Tim Retrofitting bisa menjalankan proyek dengan lancar, bekerja sesuai prosedur, bisa tepat waktu, dan mengutamakan keamanan, keselamatan dan kualitas, sehingga Rumah yang di Retrofitting bisa dipromosikan menjadi model percontohan di Indonesia, dan Sibat bisa menjadi Agen Retrofitting handal."

Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi sampailah pada saat yang dinantikan yaitu Tahap Retrofitting atau Penguatan Rumah untuk Pemodelan Rumah Aman Gempa, “ terang Plt. Ketua PMI Banyuwangi dalam acara Pembukaan Ceremonial Selasa 2 Maret 2021 pagi ini."

Kegiatan diawali sosialisasi oleh Sibat terkait sekilas tentang Retrofitting dan kriteria terpilihnya Rumah Bapak Muhammad Santoso sebagai Pemodelan Rumah Aman Gempa di Mojopanggung yang sudah melalui banyak tahapan survey baik dari PMI Pusat, maupun PMI Kabupaten Banyuwangi. 

Kemudian kegiatan dilanjutkan berdoa dan ditutup dengan penyampaian teknis pengerjaan retrofitting yang dipimpin Bang Arwin kepada Sibat Mojopanggung “ Danang” selaku ketua Tim pelaksana retrofitting beserta Tukang dan pekerjanya. (Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Bersama Palang Merah Amerika, PMI Banyuwangi Gelar Workshop Rumah Aman Gempa"

BACA JUGA
close