Hari Kesiapsiagaan Bencana, SIBAT Mojopanggung Gelar Simulasi Mandiri


CERITARELAWAN.ID, Banyuwangi - Hari Kesiapsiagaan Bencana diperingati setiap tanggal 26 April, Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Palang Merah Indonesia (PMI) Kelurahan Mojopanggung menggelar Edukasi dan Simulasi Penyelamatan Mandiri Bencana Gempa bumi guna membentuk Keluarga Aman Tangguh (KUAT) bertempat di Lingkungan Cungking Kelurahan Mojopanggung Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi, senin, (26/04/2021)

Kegiatan Sibat Mojopanggung bersama PMI Banyuwangi dan 3 Pilar Kelurahan Mojopanggung ini sebagai Upaya Mengurangi Resiko yang ditimbulkan oleh Dampak Bencana Gempa bumi. 

Masyarakat diajak belajar sambil bermain dan simulasi  bagaimana cara penyelamatan mandiri SIAP UNTUK SELAMAT.

"Karena HKB tahun ini bersamaan dengan bulan suci Ramadhon, kami memperingati dengan ngabuburit bersama masyarakat dengan berbagi takjil gratis dilingkungan cungking  sambil mengkampanyekan langkah langkah kesiapsiagaan" kata Danang Koordinator SIBAT Mojopanggung.

Salah satu masyarakat yang ikut dalam edukasi  ini mbak Wenti ketika ditanya bagaimana perasaannya ikut kegiatan ini mengatakan "Sangat senang sekali, saya jadi tahu apa yang dilakukan Sebelum bencana gempa bumi, Saat terjadi dan  setelah terjadi gempa bumi yaitu melakukan 4B. Dan terima kasih sudah dikasih takjil untuk berbuka puasa" tambahnya.

Tri Kusumajaya Lurah Mojopanggung juga ikut hadir sore itu. Beliau mengatakan, "Antusias warga khususnya anak anak  sangat bagus, karena teman teman Sibat mengkonsep kampanye ini dengan banyak permainan. Ini merupakan penanaman karakter kepada anak-anak agar mereka juga tahu apa yang harus dilakukan bila terjadi gempa," imbuhnya.

Di akhir acara menjelang buka puasa masyarakat yang hadir diajak untuk melihat langsung pemodelan rumah aman gempa yang sedang dibuat oleh PMI bersama Palang Merah America (AMCROSS) dengan pendanaan dari USAID di Kabupaten Banyuwangi. (amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Hari Kesiapsiagaan Bencana, SIBAT Mojopanggung Gelar Simulasi Mandiri "