5 Tips Agar Kue Lebaran Tahan Lama dari Toples hingga Adonan

CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Kue lebaran menjadi salah satu hidangan wajib saat menyambut Lebaran Hari Raya Idul Fitri

Agar awet, kalian perlu menyimak tips agar kue lebaran tahan lama berikut ini.

Selain rasanya yang lezat, kue lebaran adalah camilan enak yang bisa disantap oleh semua orang. Misalnya nastar, kastengel, putri salju, semprit, kue lidah kucing, kue kuping gajah dan sebagainya.

Namun, daya tahan kue lebaran tidak lama dan jika kue tidak habis dimakan tentu akan bersisa dan mubazir. 

Agar hal itu tak terjadi, berikut ini sebaiknya Anda melakukan sejumlah tips agar kue lebaran tahan lama. 

1. Membuat Kue dengan Bahan Berkualitas 

Pastikan Anda membuat kue lebaran dengan bahan-bahan berkualitas baik. Sebab, bahan-bahan yang berkualitas dan masih baru cenderung lebih sehat dan potensi tercemar dari bahan atau kontaminasi zat lain masih sedikit. Sehingga kue yang dihasilkan tak hanya enak, namun juga awet. 

2. Gunakan Mentega dan Susu Cair Bersuhu Ruangan 

Tips kedua agar kue awet ialah dengan menggunakan mentega juga susu cair yang sesuai dengan suhu ruangan. Dengan begini tekstur kue akan lebih lembut, renyah dan awet. Selain itu, kue jadi tidak mudah melempem. 

 3. Menguleni Adonan Perlahan 

Pastikan ketika Anda menguleni adonan kue, lakukan dengan perlahan dan tepat. Jika menguleni adonan dengan keras dan terlalu cepat akan membuat tangan lekas panas dan berpengaruh pada adonan. Hal inilah yang membuat kue tidak awet serta teksturnya jadi alot.  

4. Tutup Toples dengan Rapat 

Tak kalah penting, setelah kue , simpan kue ke wadah toples yang rapat dan kedap udara agar tidak melempem atau alot. Jangan lupa untuk memperhatikan kelembaban udara agar tekstur kue tetap kering dan renyah.  

5. Masukkan Kantong Garam atau Silica Gel

Cara ini ampuh untuk membuat kue tetap kering, renyah, dan awet. Sebab, kelembaban kue tetap terjaga sehingga tidak mudah melempem. (amin)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url