Pandu Bani Nugraha, Relawan Heroik Merapi 2010 Wafat


CERITARELAWAN.ID, Yogyakarta - PANDU BANI NUGRAHA (31) seorang relawan yang sempat melakukan evakuasi heroik pada saat bencana erupsi Merapi 2010 meninggal dunia, Kamis (3/6/2021) dinihari tadi. Ia mengalami kecelakaan kendaraan roda dua di simpang Bakulan Jalan Parangtritis Bantul sekitar pukul 02.30 WIB pagi tadi.

Yoyok, salah satu rekan almarhum yang ikut di rumah sakit mengatakan Pandu sempat mendapatkan perawatan di RS Panembahan Senopati Bantul setelah kecelakaan. Menurut kesaksian yang didapatkan di rumah sakit, Pandu terlibat kecelakaan dengan sebuah truk di lokasi simpang tersebut.

“Ada pendarahan dari hidung, sempat dibawa ke RS Panembahan Senopati Bantul namun beberapa waktu kemudian meninggal dunia. Saat ini (pukul 10.40 WIB) jenazah sudah dibawa ke Panti Nugroho untuk dirawat dan kemudian akan disemayamkan di rumah duka Pakem sebelum dimakamkan. Kami memohon doa untuk almarhum,” ungkapnya seperti dikutip dari KRjogja.com.

Almarhum Pandu Bani Nugraha merupakan salah satu relawan PMI Pakem yang sangat aktif membantu sesama. Pandu dikenang saat dengan berani melakukan evakuasi, menyisir pengungsi di lereng tenggara Merapi ketika erupsi 2010 lalu.

Ia bahkan harus dirawat karena kedua kakinya melepuh akibat terkena material panas Merapi. Almarhum merupakan putra pertama salah satu tokoh lereng Merapi, Bambang Sugeng atau yang akrab disapa Bambang Kotir. (amin)

amin Membangun Negeri Melalui Literasi

Post a Comment for "Pandu Bani Nugraha, Relawan Heroik Merapi 2010 Wafat"