PMI Aceh Bekali Materi Siaga Bencana Anak Binaan SOS Taruna Meulaboh


CERITARELAWAN.ID, Nagan Raya - Dalam Meningkatkan Kemampuan dan pembinaan kesiagaan Bencana Chil Dren's Village dan SOS Taruna Meulaboh melakukan pembekalan dan keterampilan Comunity Based Disaster Riks Manajement (CBDRM) yang dilaksanakan Bantaran Sungai Irigasi Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong Nagan Raya. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh , dan PMI Kabupaten Nagan Raya ,Selasa (29/6)

Panitia pelaksana, Hidayatullah mengatakan kepada acehhebat.com hal ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pada anak binaan SOS Taruna Meulaboh untuk bisa memahami penangulangan bencana, bahkan menolong korban bencana.

"Kegiatan ini sudah berlangsung selama 4 hari, dua hari di Kelas SOS Taruna dan dua hari dilapangan yang berlokasi di bandaran irigasi Beutong yaitu cara melakukan Evakusi Korban bencana ,"kata Hidayatullah. Seperti dikutip dari acehhebat.com

Ia menyebutkan, pada kegiatan tersebut ada beberapa materi yang diberikan, mulai dari proses pendataan, Asesmen, pertolongan pertama, penyelamatan hingga evakuasi korban.

"Kita berharap dengan adanya pembinaan tersebut, anak -anak binaan ini bisa bertugas ditengah masyarakat, dan bisa memberikan kontribusi dalam hal kebencanaan,"sebutnya.

Ia menjelaskan, peserta tersebut berjumlah 20 orang dengan usia 15 - 21 tahun.Kegiatan ini didukung oleh PMI Provinsi Aceh, yang memberi matri oleh Fauzi dengan Sapaan Kak Poli dan Syahrul sedangkan dari PMI Kabupaten Nagan Raya, turut dihadiri Saiful Azmi. S.Pd selaku Sekretaris PMI Nagan Raya dan para relawan lainya.

Iwan Doa Sampena selaku penggerak Kegiatan menjelaskan, kegiatan didasari tentang Undang-undang Kebencanaan, yang mendorong pelajar agar ikut serta dalam mendorong upaya penyelamatan dan pengurangan resiko bencana.

"Ini juga mendorong generasi muda yang tangguh, tangkas dan terampil dalam merespon segala sesuatu yang berhubungan dengan bencana alam, bahkan peristiwa yang terjadi sehingga mampu memberika perlindungan terhadap semuanya,"sebutnya.

Iwan mengaku, selain bisa memberikan pertolongan masyarakat sekitar, kegiatan tersebut penting dilakukan untuk keterlibatan remaja dan pemuda dalam lingkungan SOS Taruna Meulaboh, bahkan bisa bersatu dan bersosialisasi kepada masyarakat tentang kebencanaan.

"Harapannya anak remaja dan pemuda bisa menjadi generasi bertanggungjawab dan memiliki integritas yang bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam hal kebencanaan,"demikian tutup Iwan Doa. Selasa, 29/06/2021. (amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "PMI Aceh Bekali Materi Siaga Bencana Anak Binaan SOS Taruna Meulaboh"

BACA JUGA
close