HUT 76, PMI Cilegon Rayakan Bersama Pemilah Sampah TPSA Bagendung


CERITARELAWAN.ID, Cilegon - Peringatan HUT ke-76, PMI Kota Cilegon berbagi bersama para “Pahlawan Lingkungan Hidup” (pemilah sampah) di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kelurahan Bagendung, Kecamatan Cilegon, Sabtu (18/09/2021). 

Kegiatan diawali dengan promosi kesehatan (promkes) yang disampaikan Komandan Korps Sukarela (KSR), Iin Inayah. “Kegiatan promkes sebagai upaya untuk mengedukasi masyarakat agar dapat menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Hal yang harus dilakukan setelah berkegiatan di luar rumah serta mengajak mereka melakukan gerakan 6 langkah mencuci tangan dengan sabun,” kata Iin didampingi anggotanya, Novi Triana, Alvi Masruroh, Rosa Ristanti, Reihan dan Dedi Ali Yusuf.

Usai promkes, acara dilanjutkan penyerahan paket bantuan berupa masker, sabun cuci tangan dan poster Perilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS) untuk 160 penerima manfaat yang diserahkan secara simbolis oleh Kepala Markas PMI Cilegon, Nurwarta Wiguna dan Komandan KSR, Iin Inayah kepada Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) TPSA Bagendung, Hatibi dan Ketua RT.09/RW.04, Lingkungan Sambibuhut, Supandi.

Kepala Markas PMI Cilegon, Nurwarta Wiguna dalam sambutannya sebelum potong kue ke-76 tahun PMI, meminta doa dan dukungan dari para “Pahlawan Lingkungan Hidup” di TPSA Bagendung agar PMI ke depan makin meningkatkan lagi pelayanan kemanusian kepada masyarakat. 

“Kami meminta doa dari bapak dan ibu yang hadir saat ini, semoga PMI, khususnya Kota Cilegon makin meningkatkan pelayanan kemanusiaan dan makin dipercaya lagi oleh masyarakat. Dan semoga juga para pengelolanya, baik pengurus, staf maupun relawan terus diberikan kesehatan dan kekuatan dalam menjalankan amanah,” ungkapnya. 

Dia juga berharap, kegiatan PMI dengan TPSA Bagendung bisa berlanjut, terutama terkait edukasi sampah kepada anggota Palang Merah Remaja (PMR). “Ada dua materi dalam pelatihan PMR yang sejalan dengan sampah yakni Ayo Siaga Bencana dan Remaja Sehat Peduli Sesama. Mudah-mudahan PMI dengan TPSA Bagendung atau Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon bisa bermitra ke depannya,” jelas Nurwarta didampingi Staf Pelayanan Kesehatan dan Sosial, Nurlelasari.

Kasubag TU TPSA Bagendung, Hatibi menyampaikan terima kasih atas kegiatan promkes yang digelar PMI Kota Cilegon kepada para pemilah sampah. “Insya Allah kegiatan seperti ini akan sangat bermanfaat bagi warga. Kami pun mendoakan agar PMI hari ini dan ke depan makin jaya,” katanya.

Hatibi juga berharap agar kegiatan PMI Kota Cilegon, khususnya bersama TPSA Bagendung bisa berlanjut. “Semoga ke depannya ada lagi kegiatan yang bisa dilaksanakan secara Bersama dengan pihak kami,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Sulela (45 tahun) yang sudah tahunan mengais rejeki memilah sampah di TPSA Bagendung. “Saya sangat senang dengan kehadiran Relawan PMI. Selain mendapatkan tambahan pengetahuan tentang pencegahan Covid-19, juga diberi bantuan masker dan sabun cuci tangan yang saat ini kami butuhkan,” ungkapnya. (amin)

Post a Comment for "HUT 76, PMI Cilegon Rayakan Bersama Pemilah Sampah TPSA Bagendung"

BERITA MENARIK LAINNYA
close