HUT 76, PMI Jember Santuni Yatim Korban Covid-19



CERITARELAWAN.ID, Jember – Dalam rangka memperingati Bulan Muharram dan menyambut Hari Ulang Tahun PMI ke 76, PMI Kabupaten Jember menggelar rangkaian aksi kemanusiaan. PMI Kabupaten Jember menyerahkan santunan kepada anak yatim di sejumlah titik yang berbeda. Termasuk anak yatim dari orang tua yang meninggal akibat terpapar Covid-19. 

Harapan PMI, santunan yang dibagikan bisa menjadi motivasi bagi anak yatim untuk bangkit ditengah pandemi Covid-19 yang sudah berjalan satu satu lebih. Para anak yatim harus tetap dibina dan disiapkan menjadi generasi terbaik bangsa Indonesia. Penyerahan santunan  dipimpin langsung ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH pada 6 dan 7 September 2021. 

Penyerahan pertama dilakukan di masjid At Taufiq Desa Grenden Kecamatan Puger Senin (6/9) bersamaan dengan kegiatan donor darah. Donor darah sudah rutin dilaksanakan dua atau tiga bulan sekali di masjid At Taufiq Grenden. “Dalam rangka memeringati bulan Muharam 1443 H dan Hari Lahirnya PMI, kami PMI Kabupaten Jember terus berbuat untuk kemanusiaan,” Kata Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH. 

Dia menjelaskan, di tengah pandemik Covid19 ini PMI sudah aktif melakukan berbagai upaya pencegahan, penanganan sampai ikut pemakaman korban Covid-19. “Tema Hari Ulang Tahun PMI tahun ini adalah Bergerak Bersama Untuk Sesama. PMI telah membantu pemerintah dalam menangani pademi Covid-19, mulai dari membagi masker, sosiaisasi, penyemprotan disinfektan, memproduksi plasma konvalesen sampai sampai pemakaman dan kegiatan lain yang bisa dilakukan PMI,” imbuhnya. 

Nah, dalam HUT PMI ke 76 ini, PMI juga memberikan santunan kepada 100 anak yatim piatu. “Kami menambahkan dengan memberikan santunan kepada 100  anak yatim piatu, di luar bencana alam ada korban bencana non alam  pandemi Covid-19.  Ini bukan sekedar memberikan rezeki tetapi kita punya tanggung jawab untuk membina dan menyiapkan mereka untuk menjadi generasi yang tangguh,” imbuhnya. 

H. Kholik Ketua takmir Masjid At Taufiq Desa Grenden Kecamatan Puger menyatakan tiap dua atau tiga bulan sekali diadakan donor darah bersama UDD PMI Kabupaten Jember. “Di masjid At Taufik ini setiap dua atau tiga bulan sekali mengadakan donor darah,” H. Kholik disela-sela kegiatan donor darah dan penyerahan santunan untuk anak yatim. 

“Kami  juga adakan aksi kemanusian untuk ikut membantu orang sakit, ketersediaan darah bisa tercukupi. Masyarakat juga senang dengan aksi kemanusiaan yang diadakan PMI Kabupaten Jember dengan pemberian santunan anak yatim seperti ini,” kata H. Kholik. 

Sementara itu, aksi kemanusian pembagian santuan kepada anak yatim diteruskan Selasa (7/9). Penyerahan santunan dilakukan  di Balai Desa Pondok Joyo Kecamatan Semboro, pukul 10.00.  Kemudian di  Dusun Pondok Jeruk Desa Wringin Agung Kecamatan Jombang, pukul 12.00 wib serta di Yayasan An-najah Kecamatan Tanggul pukul 15.00 WIB. (amin)
amin Membangun Negeri Melalui Literasi

Post a Comment for "HUT 76, PMI Jember Santuni Yatim Korban Covid-19"