Melalui Mukernas PMI, Abdul Fatah Sampaikan Plasma Konvalesen di Babel Mendesak



CERITARELAWAN.ID, Pangkalpinang – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) beserta Jajaran Pengurus PMI Babel, Sabtu (18/9/2021) turut mengikuti Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PMI Tahun 2020-2021 secara virtual dari Ruang Kerja Wakil Gubernur Babel.

Dalam Mukernas yang juga diikuti seluruh jajaran Pengurus PMI Provinsi se-Indonesia dan dibuka langsung Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla, Ketua PMI Babel Abdul Fatah menyampaikan sejumlah laporan terkait program kerja yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan oleh PMI Babel Salah satunya Abdul Fatah menyampaikan persoalan rencana pelaksanaan donor plasma konvalesen bagi masyarakat yang sembuh dari Covid-19 di Babel.

“Saat ini, salah satu hal yang kami pikirkan bagaimana PMI di Babel dapat membantu sesama melalui donor plasma konvalesen. Untuk donor plasma konvalesen ini sangat mendesak. Namun, saat ini Pemprov Babel belum memikiki peralatannya, yaitu alat apherisis,” ungkap Abdul Fatah.

Oleh karena itu, PMI Babel perlu dukungan peralatan tersebut, sehingga bisa pelaksanaan donor plasma konvalesen di Babel para pendonor yang sembuh dari covid bisa terealisasi. 

Selain itu, dihadapan Ketua Umum beserta jajaran Pengurus PMI Pusat dan PMI Provinsi se-Indonesia, Abdul Fatah yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Babel mengatakan, PMI Babel sejak 2020-2021 sekarang, atau di tengah pandemic Covid-19 ini, telah membantu Pemerintah Daerah melakukan penyemrotan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum. 

Selanjutnya, ikut menyelenggarakan pelaksanaan kegiatan donor darah guna membantu memenuhi kebutuhan darah masyarakat. 

“Donor darah kami lakukan sejak hun 2020, tepatnya di bulan Juni, Juni, Agustus dan Oktober. Berlanjut di bulan Juli dan Agustus 2021. Itu kami lakukan karena kondisi negeri kita masih dalam bencana covid-19,” jelas Abdul Fatah.

Ada pula, kegiatan pelatihan jurnalistik bagi relawan dalam rangka meningkatkan kapasitas dan ilmu pengetahuan para relawan PMI tentang ilmu jurnalistik. 

“Pelatihan Jurnalistik bagi relawan ini guna menggemakan dan menyampaikan pemberitaan terkait kegiatan-kegiatan kepalangmerahan di Babel,” ujar Abdul Fatah.

Teranyar, sambung Abdul Fatah, PMI Babel juga berencana untuk melakukan kerja sama dengan Satgas Penanganan Covid Babel.

Di Babel telah dibentuk 5 satgas, diantaranya satgasus tracing dan tracking, kedua, satgasus vaksinasi, satgasus oksigen, isoter, dan satgasus anggaran.

Untuk hal tersebut, dipaparkan Abdul Fatah, Pemprov Babel dalam melakukan kegiatannya melakukan koordinasi dengan berbagai instansi di Babel.

“Khususnya untuk PMI Babel, yaitu melakukan kerja sama dalam hal tracing dan tracking bersama satgas tracing dan tracking Babel. Inilah yang dilakukan PMI Babel dalam membantu Pemda melaksanakan pencegahan dan penanganan covid-19 di Babel,” tambah Abdul Fatah.

Diakhir paparannya, Ketua PMI Babel Abdul Fatah menampaikan, kondisi terkini Covid di Babel rata-rata berada di level 3, dan hanya 1 yang masih level 4 yaitu di Kabupaten Bangka.
Sementara itu, sebelumnya Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih kepada seluruh Ketua dan Pengurus PMI se-Indonesia yang telah mengikuti Mukernas 2020-2021 ini.

“Mari bergerak untuk kemanusiaan. Apa yang kita lakukan ini, untuk memenuhi 7 prinsip PMI, dan tugas PMI. PMI daerah agar mempersiapkan sumber daya manusia khususnya terkait sumbangsih PMI dalam penanganan Covid-19,” seru Jusuf Kalla.

Mukernas PMI yang digelar mulai Pukul 08.00 Wib hingga Pukul 14.00 Wib itu, turut mendengarkan laporan masing-masing Ketua PMI Provinsi se-Indonesia. (amin).

Post a Comment for "Melalui Mukernas PMI, Abdul Fatah Sampaikan Plasma Konvalesen di Babel Mendesak"

BERITA MENARIK LAINNYA
close