Hari Relawan, PMI Cilegon dan Sibat Ciporong Gelar Pengurangan Resiko Bencana

Hari Relawan, PMI Cilegon dan Sibat Ciporong Gelar Pengurangan Resiko Bencana (Foto Fahrulloh PMI cilegon)
CERITARELAWAN.ID, Cilegon -  Memperingati Hari Relawan Palang Merah Indonesia (PMI), PMI Kota Cilegon lakukan giat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) bersama tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Lingkungan Ciporong, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak-Kota Cilegon

Pada kegiatan ini, PMI Kota Cilegon menugaskan sekira 22 (dua puluh dua) personil Relawan PMI Kota Cilegon dari unsur Korps Sukarela (KSR) unit Markas PMI Kota Cilegon dan KSR PMI unit Universitas Al-Khairiyah

“Pertama pada kesempatan ini, selaku Ketua PMI Kota Cilegon saya mengucapkan selamat hari relawan PMI, 26 Desember 2021 dan juga ucapan terimakasih kepada para relawan PMI, atas aksi-aksi nyata dalam kemanusiaan selama ini” tutur Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis, Senin (27/12/2021)

Lebih lanjut, lubis menjelakan kegiatan PRB tersebut lebih kepada pembekalan lanjutan bagi Tim Sibat Ciporong terkait materi VCA – PRA atau analisa kerentanan dan kapasitasi di Lingkungan Masyarakat.

“Sebagai wujud aksi nyata dihari Relawan PMI, kemarin kami menugaskan relawan PMI Kota Cilegon untuk melanjutkan kegiatan pembinaan relawan Tim Sibat yang berada dilingkungan Ciporong" jelasnya

Komandan KSR Markas PMI Kota Cilegon, Amirullah Choirul Anwar menerangkan kegiatan PRB tersebut merupakan kegiatan lanjutan bagi Tim Sibat Lingkungan Ciporong, yaitu pemberian materi VCA – PRA (Vulnerability and Capacity Assessment – Participatory Rural Appraisal) atau VCA itu pengumpulan informasi yang akan digunakan oleh pihak internal maupun eksternal untuk mengambil keputusan untuk perencanaan pengurangan resiko bencana. Sedangkan PRA merupakan pendekatan dan metode yang digunakan untuk menganalisis masalah kehidupan dalam rangka merumuskan perencanaan bencana dan kebijakan secara nyata yang memungkinkan partisipasi dari masyarakat.

“Pada kegiatan PRB kemarin di Lingkungan Ciporong, kami menyampaikan terkait materi VCA-PRA, yang mana teman-teman relawan kami bagi menjadi 5 kelompok untuk melakukan analisis data tentang fisik atau lingkungan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan organisasi serta kelembagaan di masyarakat sekitar lingkungan ciporong dengan wawancara masyarakat sekitar bersama Tim Sibat binaan PMI Cilegon disana, selain itu kami juga membagikan paket PBHS Kit berisikan Sabun dan Handsanitizer ” terang, Amir.

Sementara itu. Ketua RT.03 Lingkungan Ciporong, Sam’ani mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh PMI, masyarakat disana khususnya pemuda telah dilatih mitigasi bencana.

“Alhamdulillah, kami mengucapkan terimakaih atas kehadiran PMI dilingkungan kami, kehadiran PMI ini sangat kami nantikan, anak-anak kami disini dilatih unuk mengenali lingkungannya, potensi bencana serta menilai kapasitas dan kerentanan dilingkungan kami”. Katanya.(Fah/amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Hari Relawan, PMI Cilegon dan Sibat Ciporong Gelar Pengurangan Resiko Bencana"