PMI Jember Respon Banjir Mangli

Relawan PMI Jember saat Respon Banjir Mangli (Foto Humas PMI Jember)
CERITARELAWAN.ID, Jember – Untuk merespon terjadinya banjir di di perumahan Bumi Mangli Permai (BMP) PMI Kabupaten Jember langsung turun ke lokasi. 

Banjir setelah terjadi hujan deras cukup lama di Kabupaten Jember Minggu (9/1) siang sampai sore hari. 

Dalam kejadian ini PMI merespon dengan menutunkan sejumlah relawan bersama relawan bencana lain dan warga setempat untuk memberikan bantuan kepada korban.

Antara lain ikut membantu melakukan evakuasi kepada beberapa orang yang sempat naik atap rumah setelah rumahnya diterjang banjir.  

Beberapa orang yang naik ke atap diselamatkan dengan peralatan yang ada. Setelah banjir surut sore hari, relawan PMI tidak beranjak dari perumahan BMP yang ada di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates.

Mereka tetap membantu korban banjir di perumahan BPM. Mereka ikut membersihkan rumah-rumah yang sempat tergenang air banjir yang cukup deras. 

Dari sejumlah video yang beredar di media social, banjir yang terjadi BMP cukup besar. Arus air sangat deras melalui jalan utama di perumahan BMP. 

Akibatnya banyak warga setempat yang merekam arus banjir yang diduga berasal dari arah pegunungan Argopuro. 

Dari sejumlah video dan foto yang berada di madia social diketahui ada sebuah mobil yang diparkir diperumahan sempat terseret arus banjir. Untungnya, mobil terhambat sesuatu di perumahan sehingga tidak terbawa kearah sungai yang tidak jauh dari perumahan BMP. 

Banjir diperumahan BMP surut sekitar puku 18.00 seiringin merurunnnya intensitas hujan. 

“Para relawan PMI sore hari tetap membantu membersihkan rumah-rumah warga Perumahan Bumi Mangli Permai yang sempat terkena banjir,” kata dr Tri Wiranto, pengurus PMI Kabupaten Jember yang kebetulan berdomisili di perumahan BMP. 

Ketua PMI kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menyatakan bahwa relawan PMI memang tetap siaga pasca Perayaan Hari Natal dan Tahu Baru (Nataru) 2022. Apalagi, saat ini masih musim hujan.

"Relawan siaga bencana PMI Kabupaten Jember memang selalu siaga. Begitu ada laporan adanaya banjir di Perumahan Mangli, relawan langsung meluncur ke lokasi,” ujar H EA Zaenal Marzuki SH MH. (amin)

Post a Comment

ceritarelawan.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Previous Post Next Post

Contact Form