Pendaki Meninggal di Lawu Diduga Hipotermia

Pendaki yang meninggal digunung lawu saat dievakuasi tim SAR Gabungan (Foto Dok. BASARNAS)
CERITARELAWAN.ID, Karanganyar - Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menyebut seorang pendaki tewas di Pos 4 Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar, lantaran diduga mengalami hipotermia. Jenazah pendaki asal Kabupaten Tangerang, Yusuf (40), itu dievakuasi pada Senin (28/2/2022) siang tadi. 

"Karena terjebak hujan deras, Yusuf (40), pendaki asal Kabupaten Tangerang itu mengalami hipotermia di Pos 4 Gunung Lawu pada Sabtu sore," kata Heru dalam keterangan tertulisnya yang diterima detikJateng, Senin (28/2/2022). 

Heru mengatakan, korban mendaki gunung Lawu via Cemoro Kandang pada Sabtu (26/2) sekitar pukul 09.00 WIB bersama 100 pendaki asal Semarang yang akan melaksanakan ritual. Sorenya, pukul 15.20 WIB, korban dan rombongan terjebak hujan di antara Pos 3 dan Pos 4. 

Korban yang kelelahan dan kedinginan itu akhirnya tidak melanjutkan perjalanan ke puncak. "Dan, akhirnya ia (korban) ditinggal di warung Pak Robet yang berada di Pos 4," kata Heru. 

Keesokan harinya, Minggu (27/2) sekitar pukul 19.30 WIB, rekan korban yang baru selesai ritual menjemput korban di warung tersebut. Artinya, korban menahan lelah dan dingin selama sekitar 28 jam. 

"Namun, dikarenakan kelelahan dan tak mampu turun, rekan korban kemudian meminta bantuan ke tim SAR untuk membantu evakuasi turun" ungkap Heru. 

Koordinator Pos SAR Surakarta Arif Sugiarto pun memberangkatkan satu tim penyelamat (rescue) untuk melaksanakan evakuasi. Tim evakuasi dari SAR gabungan itu berangkat dari Base Camp Cemoro Kandang menuju Pos 4 yang berketinggian sekitar 3100 meter di atas permukaan laut (mdpl) pada Senin (28/2) sekitar pukul 06.00 WIB. 

Sesampainya di lokasi, tim SAR gabungan mendapati survivor dalam keadaan sudah lemah dan tidak lama kemudian didapati tanda-tanda kematian. Tim SAR gabungan mengevakuasi korban dari Pos 4 menuju Base Camp Cemoro Kandang. Perjalanan itu memakan waktu kurang lebih 6 jam. (Sumber detik.com)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Pendaki Meninggal di Lawu Diduga Hipotermia"