Hari Ini Masuk Bulan Syaban 1443, Ketahui Jadwal Puasa dan Keutamaan Malam Nisfu Syaban

ilustrasi berdoa bulan syaban 
CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Hari Ini 1 Syaban 1443 jatuh pada hari Jumaat 4 Maret 2022. Nisfu Syaban Malam adalah masa yang mulia dan dijangka oleh umat Islam di seluruh dunia. Di dalam beberapa negara dengan walikota Islam, malam ini dipanggil Laylatul Bara atau Laylatun Nisfe Min Sha'ban dan sebagai Shab-e-West, yang bermaksud "Pengampunan Malam Dosa", "Malam Berdoa" dan "Malam Pembebasan".

Setiap Muslim akan cuba berjaga sepanjang malam dan menggulingkan ibadah. Oleh itu, mungkin anda akan merasa hilang jika anda tidak menggunakan malam ini untuk menyembah. Nisfu Nice Syaban biasanya bermula dengan menjalankan beberapa amalan yang baik seperti berpuasa, memberi amaran, bacaan Al-Quran, dan mendarabkan doa.

Keutamaan Nisfu Syaban pada waktu malam di antara mereka diampuni segala dosa, meyakinkan semua permohonan, dan ganjaran berlimpah. Pada waktu malam Nisfu Syaban, Tuhan akan memaafkan dosa-dosa mereka yang mencari pengampunan, mengasihi orang-orang yang mencari kasih, jawab setiap doa, dan orang-orang bebas dari neraka. Wallahu'alam.

Bulan Syaban adalah seorang Hijri yang sebulan sebelum bulan Ramadhan 1443 Hijri. Sehingga tidak beberapa orang membawa doa dengan mengepung harapan untuk dijemput kembali dengan bulan suci Ramadan. Untuk bulan ini, betapa baiknya, kita memenuhi Sunnah dengan cepat, ia boleh dengan hari Isnin, puasa Daud, dan berpuasa tiga hari di Bulan atau Ayamul Bidh.

Lihat jadual puasa bulan ini dan ibadah di Nisfu Syaban Night, seperti yang dipasang dari pelbagai sumber pada hari Jumaat (4/3).

Jadwal Puasa di Bulan Syaban

Menjelang bulan suci Ramadhan, banyak umat muslim yang berusaha membersihkan diri melalui berbagai ibadah. Sebagian yang lain mungkin tengah berjuang membayar utang puasa Ramadhan di tahun sebelumnya.

Kesempatan di bulan Syaban inilah, Anda bisa memanfaatkan untuk berpuasa. Selain membayar utang Ramadhan, juga sebagai penebal iman dan memperbanyak pahala.

Berikut ini jadwal puasa sunnah di bulan syaban 2022:

Puasa Senin, 7 Maret 2022;

Puasa Kamis, 10 Maret 2022;

Puasa Senin, 14 Maret 2022;

Puasa Ayyamul Bidh 13 Syaban: Rabu, 16 Maret 2022;

Puasa Ayyamul Bidh 14 Syaban: Kamis, 17 Maret 2022;

Puasa Ayyamul Bidh 15 Syaban/Puasa Nisfu Syaban: Jumat, 18 Maret 2022;

Puasa Senin, 21 Maret 2022;

Puasa Kamis, 24 Maret 2022;

Puasa Senin, 28 Maret 2022;

Puasa Kamis, 31 Maret 2022.

Alangkah baiknya jika kita berusaha menjadi umat muslim yang baik. Selain habluminannas dan habluminal'alam, utamakan pula habluminalallah di bulan Syaban ini. Keistimewaan bulan ini bahkan begitu disanjung oleh Nabi Muhammad SAW.

Usamah bin Zaid berkata, "Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihatmu berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban."

Rasulullah SAW bersabda, "Ini (bulan Syaban) adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa." (HR Imam An-Nasa'i). (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Hari Ini Masuk Bulan Syaban 1443, Ketahui Jadwal Puasa dan Keutamaan Malam Nisfu Syaban"

Get new posts by email: