Pengurus PMI Kota Malang Resmi di Lantik

Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kota Malang saat di Lantik Imam Utomo Ketua PMI Jatim
CERITARELAWAN.ID, Malang - Kepengurusan PMI Kota Malang dengan Ketua Dewan Kehormatan Drs. Bambang DH Suyono dan Ketua Pengurus Drs. Imam Buchori periode 2022 - 2027 dilantik Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S, di Hotel Santika Malang, Rabu (11/5/2022) pagi.

Ketua PMI Jawa Timur H. Imam Utomo S, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pengurus yang baru dilantik semoga ke depan bisa menjalankan amanah dan kepercayaan masyarakat. Juga pengurus lama yang tidak ikut dilantik disampaikan terimakasih atas pengabdiannya.

Imam Utomo mengatakan, semua yang ada di forum ini adalah relawan. Tidak ada sesuatu di PMI karena PMI adalah organisasi sosial. Sesuai UU No. 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan. Dimana disitu ada 5 tugas pokok dan 3 tugas tambahan, ditambah tugas-tugas PMI Pusat berdasarkan AD/ART.

Tugas PMI itu yang pokok adalah donor darah dan tugas bencana alam. Selama ini untuk provinsi Jawa Timur selalu dilihat oleh seluruh PMI di Indonesia. Artinya PMI Jatim menjadi barometer.

Untuk donor darah kota Malang dan kabupaten Malang selama ini sudah cukup baik. Selain Surabaya, Gresik dan Sidoarjo, BPOM juga memberikan penilaian yang baik kepada Jawa Timur, tegas mantan Gubernur Jatim dua periode tersebut.

Darah yang keluar dari UDD, kata Imam Utomo, dalam kategori baik. Rumah sakit tidak perlu mengontrol lagi. Kalau RS sampai mengontrol lagi berarti belum ada kepercayaan. Begitupun UDD harus selalu mengecek darahnya.

Jumlah darah di Jatim selalu berlebih. Tapi harusnya disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab menimbun darah itu juga tidak baik.

Untuk bencana alam, kota Malang tergolong bagus. Bencana Semeru di Lumajang, PMI Malang kota - kabupaten telah membuat Posko mandiri. Itu dinilai Imam Utomo sangat baik.

Disisi lain Relawan juga harus sertifikasi. Bila belum ada sertifikasi, segera diusulkan ke provinsi agar diikutkan dalam pelatihan baik bagian dapur, kesehatannya dan evakuasi. Jangan sampai ada relawan yang dikirim ke wilayah bencana malah menjadi beban.

Dalam penanganan bencana alam PMI, jangan meninggalkan BPBD setempat. Jangan bertindak sendiri. Agar berjalan lancar. PMI Pusat sudah memberikan kepercayaan Jawa Timur sangat baik agar tetap dijaga.


Pelantikan Pengurus PMI Kota Malang periode 2022-2027 berdasarkan SK PMI Prov Jatim Nomor : 047/KEP/02.06.00/IV/2022.
Susunan pengurus sebagai berikut:

Pelindung : Walikota Malang

Dewan Kehormatan

Ketua : Drs. Bambang DH Suyono, M.Si

Anggota :
1. Prof.DR. H. Markus Diantoro, M.Si
2. Fifi Trisjanti

Pengurus :

Ketua: Drs. Imam Buchori, M.Si

Wakil Ketua: Drs. Abdul Malik, M.Pd

Sekretaris: Ir. Samsul Hadi

Bendahara: R. Djoni Sudjatmoko

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Anggota dan Relawan :
Askosenda Ika Risqi,MPd

Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan, Sosial, Pelayanan Darah/UDD :
dr. Husnul Muarif, MM

Ketua Bidang Organisasi, Informasi dan Komunikasi :
dr. Umar Usman, MM

Ketua Bidang Pendidikan dan Latihan, Pengembangan Sumber Daya, Kerjasama dan Kemitraan :
Suwarjana, SE, MM

Anggota:
1. Ir. Musono
2. Ir. Purnomo
3. Lindri Dwi Andari. 

Sumber pmijawatimur
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Pengurus PMI Kota Malang Resmi di Lantik"