Santri Husada Al Bukhori Ponorogo Ikuti Orientasi Pendampingan Poskestren

CERITARELAWAN.ID, Ponorogo - Dinas kesehatan Ponorogo mengadakan Orientasi Pendampingan Pos Kesehatan Pesantren (poskestren) tahun anggaran 2022.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hall Hotel La Tiban Ponorogo diikuti oleh 5 (lima) poskestren. Salah satunya dari Poskestren Pondok Pesantren Mangunan Al Bukhori yang mendelegasikan delapan Santri Husada. Kamis, (02/06/2022)

Hadir dalam kegiatan Kadinkes Ponorogo Dyah Ayu Puspitaningarti, S.KM., M.Kes , Kabid Kesmas bapak Teguh Budi Prihwanto, S. Sos., M.M.Kes., Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat ibu Diana Arie P. S.KM., dan Kasi Kesling.

Hari ini merupakan pertemuan refreshing atau pembinaan berkaitan dengan kegiatan poskestren yang ada di pondok. Poskestren yang sudah terbentuk ini tidak hanya terbentuk saja, tapi harus terus berkesinambungan.

"Santri Husada harus tetap regenerasi. Maka adik-adiknya harus sudah disiapkan sebagai lapis keduanya. Jika kakaknya lulus maka sudah ada generasinya. Sehingga poskestren tetap berjalan", kata Budi Teguh Prihwanto.

Bagaimanapun manfaatnya sangat luar biasa. Santri Husada di Poskestren sebagai penyalur informasi dengan santri lain terkait dengan masalah kesehatan.

"Pada kesempatan hari ini kita fokus di materi Edukasi Sosialisasi dan materi Kesehatan Lingkungan Pondok Pesantren", imbuh Kabid Kesmas Dinkes Ponorogo.

Santri Husada harus aktif dengan kegiatan realnya. Pondok pesantren yang sudah terbentuk saya harapkan untuk terus mengembangkan poskestrennya.

"Refresing atau pembinaan untuk angkatan pertama pada 5 pondok pesantren dapat dimulai dan dilaksanakan", ucapannya saat membuka orientasi pendampingan poskestren.

Perlu diketahui, kegiatan yang dilaksanakan melalui Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Bidang kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Ponorogo diikuti oleh Petugas Promkes dan Petugas Kesling dari 5 (lima) Puskesmas, Pendamping Ponpes, Pendamping Ormas, dan Santri Husada.

Pada kesempatan tersebut para peserta mendapat materi Poskestren dan Inspeksi Kesehatan Lingkungan (IKL) dalam upaya pencegahan penyakit Hepatitis di Pondok Pesantren. (sofyan/amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "Santri Husada Al Bukhori Ponorogo Ikuti Orientasi Pendampingan Poskestren"

ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. Menyajikan News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial dan Wisata