KAHMI dan PMI Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

ceritarelawan.id, Jember - Ada yang berbeda dalam kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis atas kerjasama Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember dan MD KAHMI Jember di Ponpes Mambaul Ulum Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah. Sabtu, 16 Juli 2022. 

Pengasuh, santri, masyarakat sekitar,  anggota dan pengurus MD KAHMI Jember disela-sela rapat kerja (raker) banyak yang ikut memeriksakan kesehatan secara gratis. Antara lain pemeriksaan tensi darah, gula darah, asamt urat serta kolesterol. 

Banyak peserta pemeriksaan kesehatan gratis yang kaget dengan hasil pemeriksaan kesehatannya. 

Pasalnya, ada sebagian yang kondisi kesehatannya tidak normal. Padahal tidak ada keluhan selama ini.  “Saya kaget kok kena asam urat dan gula darah tinggi,” kata Moch Kosim, bendahara MD KAHMI Jember yang mengawali pemeriksaan kesehatan gratis yang ditempatkan di teras MIMA Mambaul Ulum. 

Setelah pemeriksaan kesehatan, peserta mendapatkan konsultasi gratis dari dr Brian dari Klinik Pratama PMI Kabupaten Jember. Sedangkan pemeriksaan dilakukan oleh perawat dari Klinik Pratama PMI. 

“Dengan usia di atas 40 tahun memang harus rutin melakukan pemeriksaan kesehatan,” kata Narto, Koordinator Presidium MD KAHMI Jember. 

Narto yang selama ini juga menjadi relawan PMI Kabupaten Jember mendorong ada pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengurus. 

“Kalau ada momentum-momentum tertentu pemeriksaan kesehatan gratis dengan kerjasama PMI Kabupaten Jember bsia diteruskan,” ungkapnya. 

“Kami senang ada kegiatan social seperti donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis seperti ini. Banyak manfaat bagi kami di pondok dan masyarakat umum,” kata Kiai Muhammad Husen Fauzi, pengasuh Ponpes Mambaul Ulum. Kiai Husen bersama istri dan satri yang lain ikut donor dan pemeriksaan kesehatan gratis. 

Sayangnya, dalam kegiatan donor darah banyak tidak lolos screening. “Sebenarnya banyak yang daftar tetapi tidak lolos screening sehingga hasilnya kurang maksimal,” imbuh seorang petugas PMI Kabupaten Jember. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki menjelaskan PMI Kabupaten Jember memiliki Klinik Pratama yang ditunjang oleh beberapa dokter, termasuk dokter gigi. “Klinik Pratama PMI melayani pasien umum dan pasien BPJS. Klinik Pratama PMI juga aktif kegiatan bhakti social,” imbuhnya. (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum. menyajikan news, pendidikan, kesehatan, sosial dan wisata

Post a Comment for "KAHMI dan PMI Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis"

Get new posts by email: