Mahasiswa dan Dosen ITS Mandala Jember Rutin Donor Darah


ceritarelawan.id, Jember - Mahasiswa dan Dosen Institut Teknologi dan Sains (ITS) Mandala Jember aktif ikut donor darah. Setidaknya tiga bulan sekali, puluhan mahasiswa dan dosen ikut donor darah  yang diselenggarakan KSR PMI unit ITS mandala yang bekerjasama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Jember. Bahkan belasan mahasiswa, karyawan dan dosen ikut donor darah sukerala dalam rangka melaksanakan program kerja KSR PMI Unit ITS mandala. Senin, (05/09/2022).

“Alhamdulillah tradisi sedekah melalui donor darah terus terjaga di kampus ITS Mandala,” kata Dewi Utari, ketua KSR PMI unit ITS Mandala. Dalam donor darah tersebut diperoleh belasan kantong darah yang disumbangkan ke UDD PMI Kabupaten Jember. 

Kesadaran untuk ikut donor darah, sambung Dewi Utari, tetap terbangun karena KSR PMI Unit ITS mandala aktif melakukan sosialisasi di kampus. 

“KSR Unit Mandala aktif untuk terus membangun kesadaran untuk sedekah melalui donor darah, termasuk saat PK2MB di ITS Mandala untuk mahasiswa baru,” imbuhnya. 

Dia menjelaskan, tiap tiga bulan sekali, KSR PMI Unit ITS Mandala bersama UDD PMI Kabupaten Jember menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela di kampus. Hampir tiap ada kegiatan donor darah banyak mahasiswa dan dosen yang ikut. 

“Bahkan ada karyawan yang rutin ikut donor darah. donor darah selain sedekah juga bisa menjaga tubuh tetap sehat,” terangnya. 

Sebab, setiap pendonor darah yang rutin maka tubuh akan memproduksi darah yang segar menggantikan darah yang diambil dalam proses donor darah. Selain itu, setiap pendonor yang aktif juga dites tensi dan HB darahnya. 

“Kalau tidak standar tidak boleh donor berarti ada yang bermasalah tubuhnya. Biasanya petugas kesehatan memberikan arahan agar tubuh sehat kembali,” ungkap mahasiswa asal Situbondo tersebut. 

Ghufron Evian Efendi, Koordinator unit Humas PMI Kabupaten Jember menegaskan KSR PMI menjadi salah satu motor penggerak dalam pengerah pendonor darah.
 
“Hampir semua kampus di Jember sudah memiliki KSR PMI unit. Mereka menjadi ujung tombak mengerahkan pendonor darah dari kampus. Kami ucapakan banyak terima kasih kepada semua KST PMI  Unit di kampus, salah satunya KSR PMI Unit ITS Mandala yang aktif bergerak,” ujar Ghufron Evian Efendy (*)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Mahasiswa dan Dosen ITS Mandala Jember Rutin Donor Darah"

Get new posts by email: