Relawan PMI Ikuti Apel Siaga Bencana di Cilegon


ceritarelawan.id, Cilegon - Belasan Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon ikuti apel kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi Kontijensi Bencana Tahun 2022 yang digelar oleh Kepolisian Resort (Polres) Cilegon

Pada kegiatan apel kesiapsiagaan yang digelar didepan Markas Polres Cilegon, di Jalan Jenderal Sudirman No.1, Kelurahan Ramanuju, Kecamatan Purwakarta – Kota Cilegon tersebut, diikuti oleh ratusan personil dari unsur TNI-Polri, PMI, Basarnas, BPBD, Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Damkar, Industri serta instansi dan relawan kebencanaan lainnya. 

Sebagai Pembina Apel Kesiapsiagaan oleh Walikota Cilegon, Helldy Agustian, turut hadir dari unsur Forkopimda Kota Cilegon.

Dalam amanatnya, Helldy Agustian mengingatkan kepada seluruh instansi agar semakin solid, hilangkan ego sektoral dan terus tingkatkan kapasitas personil.

“Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan untuk dipedomani, pertama tingkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan diri maupun kesatuan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam, kedua membangun komunikasi dan sinergitas terhadap instansi terkait dan seluruh instansi terkait dan hikangkan ego sektoral dan yang terakhir tingkatkan kemampuan personal dalam menghadapi kemungkinan bencana dan lakukan perawatan peralatan.” Terang Helldy, Rabu (26/10/2022)

Lebih lanjut, Helldy dalam amanat apel tersebut pihaknya berharap melalui apel tersebut dapat dirumuskan dan diterapkan langkah-langkah untuk mengantisipasi bencana yang tepat guna dan berdaya guna, penaggulangan bencana merupakan tanggungjawab seluruh komponen bangsa yang dilakukan secara gotong royong terangnya.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Cilegon, Abdul Hakim Lubis mengatakan sesuai dengan amanat apel yang disampaikan oleh Walikota Cilegon pihaknya telah melakukan upaya tersebut, selalu berkomunikasi dengan instansi lintas sektor, melakukan upaya kesiapsiagaan dimasyarakat serta melakukan peningkatan kapasitas bagi relawan.

“Sesuai amanat Bapak Walikota Cilegon dalam apel kesiapsiagaan hari ini, kami telah melakukan upaya tersebut, kami terus menjalin komunikasi dengan instansi terkait seperti BPBD, BMKG, Basarnas, TNI-Polri serta dengan instansi dan relawan lainnya. Dalam upaya kesiapsiagaan kami telah melakukan berbagai kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana bagi Pengurus RT RW di Kota Cilegon dibulan Juni kemarin dan melakukan peningkatan kapasitas personil relawan dengan berbagai pelatihan yang dibutuhkan” Jelasnya

Dijelaskan juga, dalam kegiatan apel kesiapsiagaan itu PMI Kota Cilegon menugaskan sebanyak 15 personil dan 1 Unit Ambulans. Jelasnya. (*)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Relawan PMI Ikuti Apel Siaga Bencana di Cilegon"