41 Mahasiswa Poliwangi Ikuti Diklat Relawan PMI

ceritarelawan.id, Banyuwangi - Dalam rangka melaksanakan program kerja tahun 2022 UKM KSR PMI Unit Polteknik Banyuwangi mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Dasar Angkatan 9 Tahun 2022. Kegiatan ini diikuti oleh 41 anggota baru KSR PMI Unit Politeknik Negeri Banyuwangi.

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Dasar bertempat di Markas PMI Banyuwangi yang dihadiri oleh Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi Drs. Sutiyono Kasi Pelayanan Ismiyati, dan Staf Markas PMI Banyuwangi Andri Kusuma Jaya, S.A.P. Jum'at, (18/11/2022)

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar dilaksanakan selama 8 hari secara bertahap yakni menjadi 3 tahapan mulai tanggal 18 – 20 November untuk tahap I , 25 – 27 November untuk tahap II, dan 10 – 11 Desember 2022 untuk tahap III.

Ketua Panitia kegiatan Ria Pitaloka Zalianti menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memenuhi standart jam Pendidikan Dan Pelatihan Dasar KSR sesuai dengan pedoman manajemen relawan PMI.

"Semua calon relawan yang tergabung dalam KSR diberikan pembekalan dasar tentang Kepalangmerahan sehingga saat penugasan bisa memahami tugas dan fungsi relawan PMI". Ungkapnya. 

Tema dari Pendidikan dan Pelatihan Dasar tahun 2022  “Menumbuhkan Jiwa Relawan Muda Yang Asik (Aktif, Solutif, Inisiatif, dan Kreatif)". Terangnya.

“Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar merupakan merupakan tahapan wajib yang harus diikiti  sebelum diresmikannya menjadi anggota KSR PMI Unit Poliwangi agar memiliki pembekalan yang cukup dan dapat melaksanakan kegiatan – kegiatan yang bersifat kemanusiaan” Jelasnya

Ismiyati Kasi Pelayanan PMI Banyuwangi menyampaikan untuk materi – materi pada kegiatan Diklatsar ini disampaikan oleh Fasilitator PMI Banyuwangi dan PMI Propinsi Jawa Timur yang berkompeten di bidangnya yang telah memiliki pengalaman dalam pengabdian kepalangmerahan dan pengabdian dalam kebencanaan. 

"Materi yang disusun sesuai dengan kurikulum, meliputi Sejarah Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah, HPI, Kode Prilaku, Organisasi Palang Merah Indonesia, Peran KSR, Assesment, Manajemen Bencana, Logistik Kepemimpinan, Kesehatan Remaja, Dasar PP , Perawatan keluarga, Air dan Sanitasi, RFL, DU, Penampungan Sementara, serta Simulasi". Jelasnya
 
"Penyampaian materi tersebut dilakukan di dalam aula Markas PMI dan untuk Simulasi akan dilaksanakan di Lapangan dikondisikan seperti bencana yang sebenarnya". Tambahnya

Sementara Pengurus PMI Kabupaten Banyuwangi Drs. Sutiyono saat membuka kegiatan dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan Pendidikan dan Pelatihan KSR PMI Unit Poliwangi merupakan kegiatan rutin yang setiap tahun dilaksanakan dan tahun ini sudah mencapai angkatan ke-9”. 

"Harapan kedepan untuk peserta Pendidikan dan Pelatihan Dasar angkatan ke-9 ini bisa mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar mulai dari tahap I sampai dengan tahap III dengan jumlah anggota yang diharapkan bisa tetap utuh mulai dari awal kegiatan pembukaan hingga penutupan, sehingga KSR PMI Unit Poliwangi bisa memiliki SDM yang banyak apabila ditugaskan kegiatan sosial kemanusiaan ". Pungkasnya. (amin)
ceritarelawan
ceritarelawan ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "41 Mahasiswa Poliwangi Ikuti Diklat Relawan PMI"

Get new posts by email: