Aristo Munandar Ketua PMI Sumbar Pimpin Apel Hari Relawan 2022

ceritarelawan.idTanah Datar - Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) se-Sumatera Barat mengikuti Apel bersama dalam rangka peringatan Hari Relawan tingkat Provinsi tahun 2022 yang digelar di Halaman Istano Basa Pagaruyung Kabupaten Tanah Datar. Selasa, (13/12/2022)

Ketua PMI Sumbar Aristo Munandar mengatakan, pada kesempatan ini dilaksanakan empat agenda sekaligus. Pertama, layanan pemeriksaan kesehatan mata dan gigi, kedua apel besar relawan PMI, ketiga Musyawarah Kerja Provinsi PMI Sumatera Barat Tahun 2022 dan yang terakhir Pelantikan Pengurus PMI Kabupaten Tanah Datar. 

"Kita laksanakan empat kegiatan sekaligus agar lebih efektif karena kalau dicicil satu persatu akan menghabiskan beberapa hari untuk kegiatan ini," ujar Aristo didampingi Kepala Markas PMI Sumbar Hidayatul Irwan saat meninjau layanan pemeriksaan kesehatan mata dan gigi di kawasan Indo jalito Tanah Datar.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan penghargaan untuk para relawan dan pihak-pihak yang berkontribusi penuh untuk PMI. Kata Aristo, penghargaan yang setinggi-tingginya diberikan pada para relawan karena peran relawan sangat besar artinya bagi PMI.

Aristo juga menyebutkan pada Muker juga akan dievaluasi semua program kerja yang sudah terlaksana selama setahun belakang, termasuk juga program yang belum terlaksana secara optimal.

"Nanti juga dibahas apa saja kendala bagi program yang belum terlaksana maksimal, dicarikan solusi. Termasuk juga dalam muker akan membahas program kerja tambahan, atau inovasi-inovasi untuk tahun berikutnya," jelasnya.

Jika dimasa Pandemi PMI banyak bergerak untuk pencegahan dan pemutusan rantai penyebaran Covid-19, kali ini PMI mulai bergerak lagi untuk kegiatan-kegiatan ke lapangan. 

"Kalau sebelumnya sibuk dengan disinfektan, vaksin, dan lainnya. Tahun ini kita mulai melakukan peningkatan layanan kesalahan khususnya ke nagari-nagari bukan lagi kegiatan yang berpusat di perkotaan," tuturnya.

Ke depan, PMI akan menyasar semua daerah dengan bergiliran untuk melakukan layanan kesehatan. Tujuannya, lanjut Aristo agar masyarakat semakin kenal dan mengetahui apa saja yang dilakukan PMI dan PMI semakin berada di tengah masyarakat.

"Kami juga berterimakasih atas dukungan daerah, khususnya Bupati tanah datar yang telah mendukung penuh kegiatan hari ini," sambungnya.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar Eka Putra mengatakan melihat semangat para relawan PMI selama ini membuat pemerintah tergerak untuk membantu lebih agar bagaimana kegiatan PMI berjalan dengan lancar dan maksimal.

"Kita menyaksikan semuanya bagaimana keterlibatan relawan PMI pada setiap bencana dan kondisi darurat dan saya berharap ke depan para relawan semakin kompak dan melakukan inovasi-inovasi yang kreatif untuk program kerjanya," kata bupati.

Ketua PMI Kabupaten Tanah Datar Lise Eka Putra mengaku akan melakukan koordinasi diinternal PMI dalam waktu dekat. Tujuannya untuk menyatukan visi misi bersama menjadi relawan kemanusiaan.

"Kami akan perkuat internal, dan melakukan koordinasi juga dengan PMI provinsi, dan stakeholder PMI ke depannya. Kami juga akan melakukan evaluasi dan penyusunan program kerja tahun berikutnya," ujarnya. (amin)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Aristo Munandar Ketua PMI Sumbar Pimpin Apel Hari Relawan 2022"