PMI Resmikan Rumah Aman Gempa di Pesanggaran, Banyuwangi


ceritarelawan.idBanyuwangi - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banyuwangi meresmikan secara simbolis Pemodelan Rumah Aman Gempa (RETROFITTING) dengan teknik Ferosement di Dusun Rejoagung, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Kamis, (29/12/2022) 

Acara yang digelar di depan rumah ini dihadiri oleh Pengurus PMI Kab. Banyuwangi, Forpimka Kec. Pesanggaran, Kepala Desa Sumberagung, Kepala Desa Pesanggaran, tokoh masyarakat, relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), serta alumni pelatihan retrofitting. 

Ketua PMI Kab.Banyuwangi, Dr. H Nurhadi, M.M. mengatakan bahwa PMI bersama @Palang Merah Amerika (Amcross) dan @USAID (United States Agency for International Development) bekerja sama untuk mengampanyekan pengurangan risiko bencana gempa di wilayah Banyuwangi dengan teknik retrofitting.

Dalam program rumah aman gempa ini, PMI, relawan Sibat, dan alumni pelatihan retrofitting dapat menyelesaikan dua rumah, yakni di Desa Pesanggaran dan Desa Sumberagung. 

“Dengan anggaran yang minim, kami berusaha untuk mewujudkan rumah yang aman gempa,” katanya. 

Retrofitting adalah teknik untuk melengkapi dan memperkuat struktur bangunan. Caranya dengan memodifikasi atau me-restore bangunan yang sudah berdiri dengan menambah bagian atau peralatan baru. 

Atas program ini, Camat Pesanggaran Agus Mulyono menyampaikan terima kasih kepada PMI Banyuwangi karena program ini diturunkan di Kec. Pesanggaran. Meskipun minim biaya, dia menilai bangunan tersebut sangat layak. 

“Memang seharusnya seperti ini. Membangun rumah tidak hanya memenuhi keindahan dan estetika, tapi juga harus diperhatikan ketahanannya terhadap gempa,” tuturnya. 

Sementara itu, pemilik rumah aman gempa tersebut, Warasto, terlihat senang saat melihat rumahnya sudah diresmikan. 

“Sekali lagi, kami mengucapkan banyak-banyak terima kasih kepada PMI dan semua tim yang telah membantu pelaksanaan program. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "PMI Resmikan Rumah Aman Gempa di Pesanggaran, Banyuwangi"