Respon Angin Kencang Ciwaduk, PMI Cilegon Turunkan Relawan dan Bantu Korban

ceritarelawan.id, Cilegon – SHAFA HAZIJAH (12), duduk bersandar pada tembok rumah tetangganya dengan perasaan sedih. Rumah paman (Mastur) dan bibinya (Ani Sumarni), yang selama ini ia huni semenjak ditinggal “pergi” sang ayah, telah luluh lantah diterjang angin kencang. 

Ayah Safa (Samsul) meninggal dunia sejak ia berusia 4 (empat) tahun. Sejak saat Safa tinggal bersama pamannya hingga sekarang.

Rabu malam Kamis (15/02/2023) jam 19.40 WIB, Safa yang saat itu sedang bermain bersama beberapa teman di depan rumahnya dikagetkan dengan suara angin bergemuruh menerjang rumah mereka yang berlokasi di Lingkungan Temu Putih, RT.04/RW.02, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon, Provinsi Banten. 

Ia menyaksikan langsung rumahnya  yang dihuninya selama belasan tahun dihuni, roboh dalam waktu beberapa jam saja diterjang puting beliung. Sementara, paman dan bibinya saat itu tengah mengikuti tahlilan di rumah tetangga. “Kaget, lemes, takut dan sedih lihat rumah bibi dihantam angin kencang, sampai roboh,” kata Safa dengan nada lirih.

Informasi kejadian puting beliung yang menimpa keluarga Mastur kemudian direspon oleh Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon pada Kamis pagi (16/02/2023) dengan menerjunkan  sejumlah personil ke lokasi kejadian. Beberapa saat kemudian, anggota Taruna Siaga Bencana (Satgana) Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cilegon pun “turun” ke lokasi turut membantu anggota BPBD membersihkan puing-puing. BPBD Cilegon menyalurkan bantuan berupa makan siap saji dan air mineral, sedangkan Dinsos Cilegon menyalurkan bantua berupa sembako, selimut dan matras.

Selang dua jam kemudian, dengan sigap PMI Kota Cilegon memobilisasi 2 (dua) relawan untuk memberikan pelayanan Psycosocial Support Program (Dukungan Psikososial) atas nama Maulidina Sarwendra Putri dan Aldi Teguh Saputra.

“Safa kelihatan shock dan sedih atas musibah yang menimpa keluarganya. Ia pun harus kehilangan barang-barang pribadinya, khususnya pakaian dan perlengkapan sekolah. Saat ini ia tengah menghadapi ujian akhir,” ujar Maulidina.

Kegundahan Safa, siswa kelas VI SD Negeri 6 Ciwaduk Cilegon,  kemudian direspon oleh Pengurus PMI Kota Cilegon dengan memberikan bantuan berupa seragam dan perlengkapan sekolah. 

“Kami turut prihatin atas musibah yang menimpa Safa serta paman dan bibinya. Dan, kami sudah menugaskan pengurus, staf dan relawan untuk menyampaikan bantuan, khususnya bagi Safa berupa seragam dan perlengkapan sekolah,” kata Ketua PMI Kota Cilegon, H. Abdul Hakim Lubis. (min)

ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Respon Angin Kencang Ciwaduk, PMI Cilegon Turunkan Relawan dan Bantu Korban"