Relawan PMI Jember di Bekali Materi Retorika dan Public Speaking


ceritarelawan.id, Jember – Kegiatan Latihan  Rutin (Larut) Ramadan yang digelar PMI Unit Markas Kabupaten Jember cukup menarik. Salah satunya adanya materi tentang Retorika & Public Speaking. Acara ini mengusung tema “Urgensi Cerdas Berbicara Dalam Melangkah Sebagai Optimalisasi Peran KSR PMI Menjadi Generasi Tangguh Untuk Kemanusiaan Di Masa Kini”.

Dr. Aries Harianto, S.H. M.H. C.Med Pengurus Ketua Bidang Pendidikan, Pelatihan, Anggota dan Relawan PMI Kabupaten Jember mengupas tentang retorika dan  Public Speaking. Dosen Fakultas Hukum Universitas Jember itu melihat masih banyak person yang masih kurang menguasai Bahasa dan kemampuan berbicara di depan public. Sehingga terkadang membuatnya tertinggal dalam suatu kondisi lingkungan,  juga memperhatikan perkembangan zaman yang begitu pesat dalam era teknologi informasi. “Sudah sepatutnya hal ini menjadi urgensi bersama dalam pengembangan sumber daya manusia,” kata  Dr. Aries Harianto. 

Menurut dia, atensi yang begitu besar terhadap skill berbicara, menjadi pandangan berbeda yang mempengaruhi penilaian kadar kemampuan diri seseorang. “Kita juga dapat melihat manakala terjadi persilisihan dan percekcokan  yang menyebabkan tendensi personal hingga kelompok, sebab adanya kesalahpahaman berbicara dan berbahasa,” imbuhnya. 

Dr. Aries Harianto, S.H.M.H.C.Med. banyak menyampaikan motivasi untuk memberikan pengaruh kepada anggota agar menjadikan keberanian sebagai ujung tombak memulai kebiasaan dalam menerapkan pemahaman, pada hal ini kemampuan berbicara didepan umum. 

Materi yang dimulai pada waktu sore hari menjelang magrib dalam rangka ngabuburit dengan menimba ilmu, membawa banyak respon positif dari berbagai kalangan. Anggota sangat senang dan antusias dengan acara ini, terlihat pro aktifnya mereka dalam diskusi materi bersama pembicara. Pembicara juga memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini, Beliau mengharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk rekan – rekan KSR PMI. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Relawan PMI Jember di Bekali Materi Retorika dan Public Speaking "