Evaluasi materi, MA Baitul Arqom Jember Gelar PORSEMA


ceritarelawan.id, Jember –  Pekan Olahraga, Seni & Dakwah Madrasah (PORSEMA) 2023 yang digelar MA Baitul Arqom Jember  Ahad (24/6) di MA Baitul Arqom Kecamatan Balung, Kabupaten Jember disambut antusias  pelajar  SMP/MTS Se-Kabupaten Jember. PORSEMA kali ini untuk 5 cabang lomba yakni Pertolongan Pertama PMR, Pionering PRAMUKA, PBB Tongkat PRAMUKA, E-Sport, & Muhadloroh.  Hasilnya, Juara 1 lomba Pertolongan Pertama adalah  PMR Madya SMPN 9 Jember Tim 1, Juara 2 PMR Madya SMPN 9 Jember Tim 2 dan Juara 3 PMR Madya SMPN 1 Jenggawah Tim 2. 

PORSEMA merupakan ajang tahunan yang diadakan untuk wadah kompetisi pelajar tingkat SMP/MTS Se-derajat di Kabupaten Jemebr. Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan kreasi, skill, dan kompetensi  siswa siswi di Kabupaten Jember. 

Pada ajang kali ini, cabang lomba Pertolongan Pertama Tingkat Madya merupakan event yang mengawali kompetisi Palang Merah Remaja (PMR) di tahun 2023 untuk tingkat SMP/MTS se-derajat di Kabupaten Jember. Ini merupakan hal positif yang diharapkan dapat memacu kembali para pelajar di Kabupaten Jember dalam kegiatan PMR untuk  berkompetisi setelah sekian lama vakum sebab beberapa hal, salah satunya pandemic COVID-19. Dan adanya kegiatan ini juga sebagai sarana aktivasi kembali para pegiat Palang Merah Remaja di sekolah – sekolah.

PMR di Kabupaten Jember sendiri telah lama tidak mendapati ajang kompetisi dalam lingkup kabupaten sejauh ini. Setelah melewati masa pandemi COVID-19 PMR di Kabupaten masih mulai kembali menata. Setelah beberapa lama tidak dapat berkegiatan. 

Kebanyakan para anggota PMR Kabupaten Jember hanya melakukan rutinitas latihan sebagai salah satu ekstrakurikuler di sekolah karena minimnya event di Kabupaten Jember sendiri.  Setelah melewati masa pandemi COVID-19 PMR di Kabupaten masih mulai kembali menata, setelah beberapa lama tidak dapat berkegiatan. 

“Alhamdulillah meskipun dengan persiapan yang cukup mendadak, tapi secara garis besar antusias dari para peserta sudah sangat baik dan responsif untuk kegiatan ini” Ujar Pugut Ranto Shandi, S.Pd.,  Waka Kesiswaan MA Baitul Arqom. Sebagian peserta PORSEMA adalah siswa siswi anggota PMR Madya yang mengikuti Lomba Pertolongan Pertama. 

Kepala Madrasah Aliyah Baitul Arqom, Yoyon Irawan, S.Pd., menejelaskan PORSEMA akan dibuat rutin untuk mengasah kemampuan siswa, khususnya anggota PMR. “Harapan kami ke depannya kegiatan ini dapat menambah event – event sebagai ajang kompetisi pelajar, serta sebagai sarana silaturahmi antar sekolah,” tuturnya. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Evaluasi materi, MA Baitul Arqom Jember Gelar PORSEMA "