Inspirasi Penuh Harapan, PMI Lumajang Sukses Memulihkan Pasokan Air di Tengah Bencana Semeru


ceritarelawan.id, Lumajang - Dalam rangka pemulihan pasca tanggap darurat longsor dan banjir lahar semeru, Palang Merah indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang memberikan Inspirasi Penuh Harapan, Sukses Memulihkan Pasokan Air di Tengah Bencana Semeru Bantuan Pipa, Akhirnya Terpasang.

Dalam program WASH (Air, Sanitasi, dan Higiene) yang dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) di Kabupaten Lumajang, pemasangan bantuan pipa akhirnya dilakukan pada hari Minggu, 23 Juli 2023. 

Pipa-pipa tersebut dipasang di sepanjang jalur pipa mata air Sumber Agung Pasrujambe, yang hancur akibat erupsi Gunung Semeru pada tanggal 7 Juli 2023. 

Nurhadi Santoso, kepala tim rehabilitasi dan juga wakil sekretaris PMI Lumajang, menjelaskan bahwa pipa-pipa tersebut diangkut dari Posko SIBAT di Pasrujambe ke lokasi jalur pipa mata air Sumberagung.

"Alhamdulillah, sukarelawan PMI dan masyarakat berhasil memasang total 25 pipa, masing-masing berukuran 4 meter, beserta kawat baja untuk menopang pipa-pipa tersebut, dengan total panjang 50 meter," ujar Nurhadi Santoso. 

Dia menambahkan bahwa tim juga melakukan pemeriksaan aliran air di dalam pipa setelah semua pipa bantuan PMI di Kabupaten Lumajang terpasang, karena ada kecurigaan adanya udara terjebak di dalam pipa.

Menurut Nurhadi, pemeriksaan dan penelusuran aliran air di dalam pipa akan dilanjutkan keesokan harinya karena keterbatasan waktu. 

"Jika pemeriksaan selesai besok (Senin), insya Allah air akan kembali mengalir ke Dusun Wonorenggo, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro," tambah Nurhadi.

Selama perbaikan jaringan pipa, Nurhadi menyebutkan bahwa warga Dusun Wonorenggo dibantu dengan pasokan air bersih, dengan total 45.000 liter yang disediakan oleh PMI Lumajang dari hari Jumat hingga Minggu.

Dengan harapan bantuan yang telah diberikan bisa menjadi Inspirasi Penuh Harapan, PMI Lumajang dengan Sukses Memulihkan Pasokan Air di Tengah Bencana Semeru. (rin/min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Inspirasi Penuh Harapan, PMI Lumajang Sukses Memulihkan Pasokan Air di Tengah Bencana Semeru"