Kudus Mendunia, Brand Lokal yang Mampu Gaet Turis Mancanegara


ceritarelawan.id, Kudus - Beberapa lokal brand yang tampil dalam gelaran Haul Habib Ja'far ketiga tahun 2023 dengan dikemas Kudus Fashion Week ini, berhasil memantik wisatawan. Dengan begitu, lokal brand di Kabupaten Kudus siap menggaet turis mancanegara yang dapat mengerek ekonomi masyarakat Kota Kretek.

Founder Kudus Fashion Week, Aris Magenta mengatakan, untuk Kudus Fashion Week kali ini telah  diikuti sebanyak 16 brand dari berbagai daerah. Seperti, Kabupaten Kudus, Pati, Jepara, Grobogan, Juwana. Adapun harapannya untuk tahun depan KFW dapat diikuti banyak brand dari luar kota.

"Kali ini temanya Indonesia Chic Of Muslim Fashion. Kenapa milih itu karena berkaitan Haul Habib Ja'far ketiga. Dengan tagline masih sama tahun kemarin yakni Lokal Brand For Global Market. Saya berharap lokal brand Kudus dapat menembus dunia fashion di luar negri," tukasnya, pekan kemarin.

Menurut Aris, untuk model fashion ini ternyata sudah menguasai pasar online di beberapa wilayah tertentu. Lalu, spesial untuk tahun ini sebanyak 80 persen dari pengusaha fashion ternyata umurnya masih dibawah 30 tahun. Selain itu, desain tersebut ternyata milik mereka sendiri yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

"Untuk trend fashion saat ini mengacu di beberapa wilayah dunia seperti Milan dan Paris. Cuman Disni dalam versi baju muslim dan dimodifikasi. Tahun ini brand printing sendiri, jadi tak beli kain. Dengan desain mereka sendiri yang membuat spesial. Karena memiliki ciri khas sendiri," terangnya.

Lebih lanjut, pada pagelaran kali ini selain menampilkan beberapa baju muslim, ada juga sarung batik dengan model unik. Selain itu, ia juga mengutarakan keinginannya agar wisatawan luar dapat datang ke Kota Kretek. Agar mereka tahu Kudus punya potensi di bidang fashion.

"Seperti pelaku usaha fashion ke Kudus. Jadi mereka tahu potensi kita," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kudus, Safrul Kamaludin mengatakan, kegiatan seperti itu nantinya dapat menumbuhkan ekonomi kerakyatan di Kota Kretek. Mengingat, melihat antusias masyarakat sangat luar biasa dan juga senang dengan Kudus Fashion Week. Sebab, Kudus sudah lama tak menampilkan event yang bergengsi.

"Melihat pelaku dunia usaha, pelaku fashion, kuliner dan lainnya sangat luar biasa antusiasmenya. Mereka telah menampilkan produk unggulan masing-masing. Ada puluhan brand yang tampil di fashion show ini," pungkasnya. (min)
ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Kudus Mendunia, Brand Lokal yang Mampu Gaet Turis Mancanegara"