BAZNAS Jawa Timur Latih 100 Relawan Tanggap Bencana

Surabaya. CERITARELAWAN.id - Bencana yang kerap melanda Jawa Timur menggugah Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Timur peduli dan tanggap terhadap bencana. Untuk itu, Baznas Jatim menggelar Pelatihan Manajemen Bencana Tingkat Dasar pada Selasa-Rabu, 25-27 Oktober 2016 di markas Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur (Kolatarmatim) TNI Angkatan Laut di kawasan Tanjung Perak Surabaya.

KH Abdurrahman Navis, Lc Wakil Ketua Baznas Jatim bidang pendistribusian menyapaikan kepada aminzabidi.com "Pelatihan ini diikuti oleh sekitar 100 peserta yang berasal dari perwakilan Baznas kabupaten/kota se-Jatim, lembaga amil zakat, organisasi massa, organisasi pemuda, komunitas pecinta alam, para relawan dan aktivis lingkungan hidup dari berbagai daerah di Jatim.

Dalam pelatihan ini Komandan Kolatarmatim TNI AL Kolonel Laut (P) Oc. Budi Susanto. Sedangkan untuk memandu materi teori dan praktik kebencanaan, Baznas Jatim bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur dan Badan SAR Nasional (Basarnas) Jatim.

Dengan adanya pelatihan tanggap bencana ini diharapkan akan terbentuk tim yang mampu membantu masyarakat yang terkena bencana, baik ketika bencana terjadi ataupun pascabencana dengan menjalankan empat wilayah kerja, yaitu bagian pengurangan resiko bencana (mitigasi), bagian tanggap bencana (emergency), bagian program livelyhood recovery (pemulihan mata pencaharian) dan bagian umum. Mudah-mudahan para peserta pelatihan ini menjadi jaringan relawan Baznas Jatim yang tangguh dan cepat menangani bencana di daerah,” tambah Navis.

Direkur BTB Pusat Ahmad Fikri menambahkan " bahwa dengan dilatih dan dikukuhkannya peserta sebagai relawan BTB Jatim akan menjadi jaringan BTB nasional yang telah terbentuk di Jawa Barat, Bali, Sumatera Barat dan beberapa provinsi lainnya.*(bid./admin)

CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close