Simulasi Respon Banjir Diklat Relawan KSR PMI IAIN Ponorogo


CERITARELAWAN.id, PONOROGO - "Tumbuh seperti rumput, bekerja seperti semut" merupakan jargon yang diberikan untuk anggota KSR angkatan 20 selama mengkuti pendidikan dan pelatihan dasar KSR-PMI Unit IAIN Ponorogo mulai tanggal 28 januari sampai 4 februari 2019 dan di lanjutkan tanggal 7-9 februari 2019.  pendidikan dan pelatihan dasar KSR-PMI Unit IAIN Ponorogo merupakan program tahunan yang diadakan setiap satu tahun sekali.

Endang selaku Komandan KSR-PMI Unit IAIN Ponorogo menuturkan "tujuan dari diadakannya  diklat adalah salah satunya untuk melatih skill dari relawan, khususnya relawan KSR-PMI Unit IAIN Ponorogo sendiri".

Kegiatan diklatsar ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi ruangan yang dilaksanakan di Ma'had Ulil Absor IAIN Ponorogo, dan sesi lapangan yang dilaksanakan di lapangan desa Wates kecamatan Jenangan Ponorogo, semuanya terangkum dalam waktu 120 jam yang ditempuh selama sebelas hari. 

Selama diklat ruangan, peserta dibekali dengan materi yang berkaitan dengan kepalang merahan dan kebencanaan. Setelah itu mereka dihadapkan dengan diklat lapangan yang lebih diutamakan pada praktik.

"Pada hari pertama akan diadakan simulasi pendirian tenda besar (pleton), hari kedua penjelajahan, dan pada hari ketiga diadakan simulasi besar (kebencanaan)", tambah Mukhlas selakunya ketua pelaksana diklatsar KSR-PMI Unit IAIN Ponorogo.

Kegiatan Diklatsar tahun ini diikuti oleh 33 peserta dengan perincian 28 perempuan dan 5 laki-laki. Selain dibekali dengan materi, peserta diklatsar juga dilatih tentang kedisiplinan, kekompakan, kejasama serta kebersamaan.

"Semoga setelah diklatsar apa yang diperoleh mulai dari kedisiplinan, kekompakan, kerjasama, saling mengerti dan saling peduli bisa mereka terapkan dikemudian hari", ungkap Danang selaku Korlap.*(CR/Laila/KSR IAIN Ponorogo)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
close