PMI NTB Latih Relawan Bangun Hunian Tahan Gempa Dukungan IFRC


CERITARELAWAN.id, MATARAM - Sebanyak 36 relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dari enam Kabupaten, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengikuti Pelatihan Hunian Aman – yang dikhususkan  saat kondisi tanggap darurat, dan pemulihan setelah bencana alam terjadi.  

AHYANTO fasilitator training yang juga Korlap Kebencanaan PMI Lombok Timur kepada CERITARELAWAN.id mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan relawan dalam memberikan pertolongan dan pelayanan kemanusiaan, dan juga kemanan bagi “survivor” bencana, maupun relawan sendiri yang bertugas. 

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PMI Provinsi NTB di beberapa tempat yang ada di Kota Mataram, dan didukung penuh oleh IFRC (International Federation Red Cross and Red Crescent),  telah berlangsung sejak 15 November dan ditutup Jumat, 22 November 2019 ini, dengan materi terakhir, “praktik membuat shelter dan assessment masyarakat yang mengalami trauma. 

Ahyanto mengungkapkan diseduaikan dengan pengalaman kebencanaan yang pernah terjadi di Indonesia. Istimewanya sekarang kami juga menambahkan materi muatan local yang disesuaikan juga dengan kearifan local masing-masing daerah contohnya membuat batako.

Pelatihan ini melibatkan 8 fasilitator yang sudah terlatih dalam tanggap darurat bencana yangsalah satunya berasal dari Kota Palu.

Selama dua hari terakhir training, peserta juga diberikan kesempatan melakukan praktik lapangan. Mulai dari membuat hunian aman ramah gempa paska pemulihan dengan menggunakan batako dan pasak, lalu membuat berbagai macam hunian di saat tanggap darurat bencana. 
Selain itu mereka juga langsung praktik menghadapi masyarakat yang mengalami traumatik.

Para relawan PMI dalam kegiatan kemanusiaan dituntut selalu mengikuti pedoman dan Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Internasional. 

Dengan kegiatan ini kami berharap ketrampilan, dan pengetahuannya para relawan kami bisa meningkat. 

Karena PMI bila suatu saat terjadi bencana termasuk salah satu pihak yang akan menjadi garda terdepan memberikan layanan, dan pertolongan kemanusiaan kepada masyarakat yang terdampak,” pungkasnya. (Nurul izzati Humas PMI NTB / Cak Amin CERITARELAWAN.id)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BACA JUGA
close