Baznas Bersama Forum Daerah PSAA Ponorogo Gelar Sosialisasi Pengelolaan Zakat


CERITARELAWAN.id, PONOROGO - Zakat merupakan salah satu komponen dalam Rukun Islam. Zakat memiliki arti sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Sebagian harta yang dikeluarkan tersebut berguna untuk mensucikan harta lainnya.

Bertempat di Aula Pertemuan PMI Kabupaten Ponorogo hari ini rabu, (05/02/20202) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ponorogo bersama Forum Daerah PSAA Kabupaten Ponorogo mengadakan sosialisasi pengelolaan zakat.

Acara di hadiri oleh Kementerian Kemenag Ponorogo dan Pimpinan Baznas Ponorogo diikuti oleh  Lazisnu, Lazismu, dan Perwakilan Panti Asuhan yang ada di Ponorogo. 

Sebagai Pembuka, pemaparan awal disampaikan oleh Ayub Ahdiansyam SH, dari Kemenag Kabupaten Ponorogo menjelaskan hal hal yang berhubungan dengan zakat seperti pengertian zakat itu sendiri,regulasi tentang pengelolaan zakat, juga delapan (8) asnaf golongan yang berhak menerima zakat.

Dalam konteks pendistribusian ZIS, kami berharap antar pengelola Zakat yang ada di Ponorogo untuk selalu melakukan kordinasi dan komunikasi yang baik kepada BAZNAS KAB. PONOROGO agar tidak terjadi _doble counting_ bentuk penyaluran ZIS yang dilaksanakan oleh Pengelola Zakat. Tentu hal ini tidak boleh terjadi, maka dari itu perlu diadakannya sinergi yang baik. Tambah Ayub.

Drs. H. Luhur Karsanto, M.Si, Ketua BAZNAS Kab. Ponorogo menyampaikan Baznas memiliki tugas dan fungsi menghimpun, mendistribusikan, dan mendayagunakan zakat serta melaporkannya sebagai bentuk pertanggung jawaban melalui beberapa program yaitu Ponorogo Taqwa, Ponorogo Peduli, Ponorogo Sehat, Ponorogo Cerdas, Ponorogo Makmur.


Sementara itu H. Syarifan Ketua Forum PSAA Kabupaten Ponorogo menambahkan dengan adanya pertemuan yang diwakili dari beberapa Panti Asuhan yang ada di Ponorogo ini, berharap program program BAZNAS bisa berjalan dengan baik dan bisa memberikan manfaat yang besar bagi yang wajib penerima manfaat zakat. (rudi/amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata