Cara Amankan Email dan Password


Sahabat CERITARELAWAN.id Email dan Password ibarat KTP di dunia maya, selain utamanya bisa digunakan untuk kirim-terima email dari pengguna email lain, juga bisa digunakan untuk mendaftar, login maupun verifikasi data diri sebelum memiliki akun-akun di website seperti akun E-commerce, akun Social Media , akun Game Online, dan lainnya.


Seperti yang baru-baru ini terjadi peretasan di aplikasi Video Conference Zoom, aplikasi E-commerce Tokopedia dan BukalapakData-data dari akun ini rentan bocor di internet, dan bisa terjadi karena beberapa hal seperti Eksploitasi System, Hacking, dan Breaches. Data-data ini bisa dimanfaatkan bahkan bisa dijual di Darkweb. Data-data di Google dan Facebook pun pernah jadi korban, jadi jangan anggap akun kita sudah aman.


Untuk mengecek keamanan email kita, bisa melalui https://monitor.firefox.com/
Tinggal ketikkan 'Nama Email' dan klik 'Search For Breaches'.



Beberapa Tips untuk Mengamankan akun email :

Aktifkan Verifikasi 2 langkah(seperti verifikasi pola atau kode pin setelah password di pengaturan mail security)

Membedakan password beberapa akun

Rutin mengganti password tiap akun

Bedakan email untuk kepentingan perbankan dengan email/akun penggunaa pribadi.

Jangan menyimpan Password email di aplikasi atau perangkat yang terhubung ke internet, sebisa mungkin di ingat atau simpan secara offline(buku, catatan, dll)

Daftar akun sekali pakai, untuk kepentingan download file dengan email, gunakan https://temp-mail.org/

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman CERITARELAWAN bila ada yang masih kurang jelas silahkan coret-coret di kolom komentar di bawah ini.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Cara Amankan Email dan Password"

BACA JUGA
close