Relawan BTB Kendal Ikuti Pelatihan Water Rescue dengan Basarnas Semarang



CERITARELAWAN.ID,KendalBadan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kendal yang berada dibagian kebencanaan berupaya meningkatkan kualitas dan profesionalitas, yang diwujudkan bekerjasama dengan Basarnas Semarang untuk melakukan pelatihan Penyelamatan di Air (Water Rescue), Senin (23/11/2020).

Sebanyak 16 relawan Baznas Tanggap Bencana (BTB) Kendal mengikuti pelatihan water rescue selama 3 hari terhitung mulai hari ini hingga 25 November 2020. Ketua Baznas Kendal KH Moch Ubaidi mengatakan giat pelatihan water rescue dinyatakan penting lantaran cuaca di Kendal saat ini mulai memasuki musim penghujan.

“Kita perlu melakukan peningkatan kualitas salah satunya dalam hal penyelamatan, melihat kedepan saat ini musim penghujan mulai sering terjadi di Kendal sehingga kita yang memang ikut bergerak di bidang kemanusiaan perlu juga ikut membantu dibidang penyelamatan,” ungkap KH Moch Ubaidi.

Pelatihan dilakukan di 3 tempat, untuk hari pertama dipusatkan di Gedung Siaga Sar / Mess Basarnas Semarang dengan pelatihan dasar berupa teori dasar penyelamatan pertolongan di Air serta metode pertolongan di peraiaran.

Sedangkan hari ke 2 akan dilakukan pelatihan praktik di Kolam renang Boja dan hari ke 3 dilakukan praktik di pantai Kemangi Kecamatan Kangkung.

Kasi Pemberdayaan, Pencarian dan Pertolongan Basarnas Semarang Didit Arie Ristandy menjelaskan, untuk pelatihan water rescue pihak Basarnas menurunkan 4 orang instruktur yang telah ahli dibidang penyelamatan air.

“Sesui dengan permintaan dari Baznas Kendal tentang pelatihan water rescue ini, kita telah turunkan langsung 4 petugas untuk menjadi instruktur selama 3 hari selain teori, nanti pada hari ke dua dan tiga langsung melakukan praktik lapangan,”jelas Didit Arie Ristandy.

Lebih lanjut dijelaskan jika penyelamatan di air umumnya dilakukan menggunakan perahu karet sehingga setiap tim Baznas Tanggap Bencana harus memiliki kemampuan mendayung perahu karet dengan cepat dan efisien termasuk mengarahkan perahu karet dengan benar untuk mendekati korban.

Tim Baznas Tanggap Bencana nantinya akan memiliki kemampuan evakuasi korban dalam air, penggunaan alat pendukung penyelamatan dalam air, serta kemampuan menenangkan korban yang sedang dalam keadaan panik. 

Sumber Diskominfo Kendal
Editor nur
Copyright@CERITARELAWAN.ID2020
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Relawan BTB Kendal Ikuti Pelatihan Water Rescue dengan Basarnas Semarang"