Banjir di Banjar Surut, Relawan PMI Kerja Bakti Bersihkan Fasilitas Umum


CERITARELAWAN.ID, BANJARMASIN – Banjir luapan sungai martapura di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan Selasa (23/02/21) mulai surut. Beberapa warga korban bencana mulai membersihkan genangan air dan lumpur yang berserakan disekitar rumah dengan dibantu oleh Relawan dari Palang Merah Indonesia. 

Selain membantu warga korban bencana banjir, Relawan kemanusiaan juga membersihkan beberapa fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah dan perkantoran sesuai dengan hasil assesment Posko TDB PMI Kabupaten Banjar. 

“Semaksimal mungkin relawan dari PMI Banjar berusaha membantu warga korban bencana untuk membersihkan rumahnya dari genangan air dan lumpur, relawan juga membersihkan fasilitas umum yang saat bencana kemarin ikut terdampak,” kata Naimah, S.I.Kom Kepala Markas PMI Kabupaten Banjar.

Ada 5 Sekolah Dasar dan 1 kantor korwil bidang pendidikan yang telah dibersihkan oleh relawan kemanusiaan, diharapkan fasilitas umum tersebut bisa beroperasi kembali seperti semula sebelum bencana banjir melanda. 

“Sekolah yang kita bersihkan diantaranya SDN Bincau Muara Kecamatan Martapura Kota, SDN Tunggul Irang Ulu Martapura Kota, SDN Sungai Batang Ilir Martapura Barat, SDN Sungai Batang, Martapura Barat, SDN Pekauman 1, Martapura Timur dan Kantor Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Astambul,” jelas Naimah.

Dengan kondisi tersebut, warga banjar berharap intensitas hujan berkurang sehingga sungai martapura dalam kondisi normal dan warga bisa melakukan aktifitas kembali. (Ghufron/Cak Amin)
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata
BERITA MENARIK LAINNYA
close