Indahnya Pesona Air Terjun Kembang Soka, Kulon Progo


Sahabat CERITARELAWAN.ID apabila kita jalan jalan ke Kabupaten Kulon Progo kurang keren kalo gak mampir ke air terjun kembang soka.

Selain terkenal dengan keindahan pantai dan kebudayaannya yang kental, DIY juga mempunyai banyak obyek wisata pegunungan yang keren. Salah satu diantaranya adalah Air Terjun Kembang Soka yang berlokasi di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo. 

Lokasi air terjun Kembang Soka searah dengan Taman Sungai Mudal. Dari Kota Jogja ambil jalan menuju ke Ring Road Barat Demak Ijo lalu ambil arah ke Jalan Godean. 

Ikuti Jalan tersebut melewati Pasar Godean, Menyebrangi Sungai Progo dan setelah itu akan menemukan Perempatan Nanggulan, lalu lurus terus menuju Pegunungan Menoreh. Setelah menempuh jalan menanjak berkelok-kelok akan ada pertigaan, ambil kiri mengikuti arah menuju Gua Kiskendo.
 
Setelah melewati objek wisata Goa Kiskendo akan ada pertigaan dengan pemandangan Hutan Pinus, ambil kiri lalu ikuti jalan tersebut sampai bertemu pertigaan yang ada petunjuk arah menuju Grojogan Mudal. Ambil arah Kiri lalu nanti akan ada gapura Selamat Datang di Air Terjun Kembang Soka.

Air terjun cantik ini memang tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter, tapi cantik sekali, dengan warna air ada 2 yaitu putih dan haiau tosca. Hal ini karena ada 2 sumber air yaitu dari sungai Mudal dan dari mata air bawah tanah. 

Air terjun ini dinamakan Kembang Soka karena di sekitar mata air banyak tumbuh pohon soka. Dari tempat parkir, pengunjung hanya perlu berjalan sejauh 200 meter saja. 

Dari parkiran kita akan menemukan sebuah kolam yang jernih yang berasal dari pancuran (tuk) jaran. Berjalan lagi kita akan naik ke jembatan kayu yang akan berujung ke air terjun Kembang Soka dengan kolam airnya yang berwarna hijau tosca dan sangat cantik. 

Sampai di kolam, rugi rasanya kalau nggak terjun ke kolam. Tapi airnya dingin coy. 

Kita juga bisa canyoning di air terjun ini dengan membayar Rp. 100.000 / orang. HTM Air terjun Kembang Soka : 6.000 (2018)


Kalau sahabat CERITARELAWAN.ID lapar, jangan kuatir, di sini banyak tersedia warung makanan yang lezat.

Yukk tunggu apa lagi, kalau ke Jogja mampirlah ke Air Terjun Kembang SOka di Kulon Progo.

Jangan buang apapun kecuali mantan, jangan ambil apapun kecuali foto.

Tetap patuhi protokol kesehatan dengan Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak dengan pengunjung lain, dan Menjauhi kerumunan.
CERITARELAWAN.ID
CERITARELAWAN.ID CERITARELAWAN.ID Portal informasi relawan dan umum, memiliki konten News, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Wisata

Post a Comment for "Indahnya Pesona Air Terjun Kembang Soka, Kulon Progo "

BERITA MENARIK LAINNYA
close