Bupati Jember Ajak Penyintas Covid 19 Donor Plasma Konvalesen


CERITARELAWAN.ID, Jember – H. Hendy Siswanto Bupati Jember mengajak penyitas Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvelsen. Khususnya penyintas yang statusnya PNS. Saat ini banyak pasien Covid-19 yang membutuhkan sumbangan plasma konvalesen dari para penyitas Covid-19. Sedangkan pendonor plasma konvalesen belum mencukupi kebutuhan.

Untuk itu, Bupati Hendy usai Solat Idul Adha di pendapa Wahyawibawagraha berangkat Unit Donor Darah (UDD) PMI di Jl Srikoyo untuk donor darah plasma konvalesen. Bupati Hendy menjadi pendonor plasma konvalesen karena menjadi olenyitas Covid-19, setelah pernah terpapar Covid-19. Bupati Hendy bersemangat donor plasma konvalesen mengingat besarnya manfaat plasma konvalesen untuk pasien Covid-19. 

Bahkan, Bupati Hendy menjanjikan membantu PMI untuk membelikan alat apharesis yang digunakan untuk donor plasma konvalesen. Pasalnya, dalam sehari mesin apharesis milik PMI Kabupaten Jember hanya mampu  melayani delapan orang saja. padahal, permintaan plasma konvalesen. Ratra-rata pasien Covid antre lama untuk mendapatkan plasma konvalesen. 

Sekitar 1,5 jam Bupati Hendy donor plasma konvalesen di UDD PMI Kabupaten Jember. Orang nomor satu Jember itu didampingi oleh Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH dan Kepala UDD PMI Kabupaten Jember dr Dudung Ari Rusli dan dr Ach. Wahib Wahyu Winarso SpAn. KNA, Dokter Spesialis Anestesi dan juga kepala IGD RSD RSD dr Soebandi Jember Serta dr. Triwiranto, pejabat dinas Kesehatan yang juga pengurus PMI Kabupaten Jember. 

“Ini setengah perintah, setengah minta tolong, ini demi kemanusian, khususnya untuk para pasien Covid-19 yang membutuhkan uluran tangan penyitas Covid-19,”kata Bupati Jember H Hendy Siswanto disela-sela donor plasma konvalesen di UDD PMI  Kabupaten Jember Selasa (20/7) siang  kepada sejumlah wartawan.

Dia mengetuk hati para penyitas Covid-19 untuk bersedia menjadi pendonor plasma konvalesen.”Saya harap para penyitas covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalesen yang akan sangat membantu pasien Covid-19,” imbuhnya. Bupati Hendy rencannya mendonorkan plasma kobvalesennya 400 cc tetapi diteruskan sampai 600 cc setelah proses donor berjalan lancar. 

Sambil donor, Bupati Hendy diskusi dengan  H EA Zaenal Marzuki SH MH dan  dr Dudung Ari Rusli dan dr Ach. Wahib Wahyu Winarso SpAn. KNA soal donor plasma konvalesen. Setelah mendegarkan penjelasan, Bupati Hendy menyatakan siap membantu membelikan mesin apheresis untuk proses donor plasma konvalesen. 

Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH menegaskan permintaan plasma konvalesen sangat tinggi. “Antreannya panjang, untuk masing-masing golongan darah ada 10 pasien Covid-19 yang antre minta plasma konvalesen ke PMI Kabupaten Jember, kalau ada yang donor langsung dikirim ke pasien Covid-19 yang antre,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, Layanan donor darah plasma konvalesen PMI Kabupaten Jember untuk bantu pasien Covid-19 yang dirawat dirumah sakit. Sejak  1 Juli 2021 PMI Kabupaten Jember telah melengkapi mesin apharesis, dan dilanjutkan menggelar bimbingan teknis kepada petugas UDD PMI Kabupaten Jember yang telah disiapkan.” Tanggal 3 juli 2021 dilakukan donor darah plasma konvalesen pertama atas nama Dwi Tanjung dengan golongan darah O sebanyak 400 cc,” imbuhnya. 

Selanjutnya,  8/7/2021, Ketua PMI  Jember EA Zaenal Marzuki ikut donor darah plasma konvalesen sebagai orang ketujuh sebagai penyintas covid-19 dengan golongan darah O. “Perolehan plasma konvalesen sampai hari ini, Selasa (20/7/2021) berhasil menjaring sebanyak 54 penyintas Covid-19 yang telah menyumbangkan darah plasma konvalesen dengan rincian Golongan darah A sebanyak 12 kantong @ 200 Cc, Golongan darah B sebanyak 45 Kantong @ 200 CC, Golongan darah AB sebanyak 10 Kantong @200 CC dan Golongan darah O sebanyak 48,5   @200 CC,” ujarnya. 

Namun saat ini darah plasma konvalesen stok kosong, karena langsung terpakai sesuai pengajuan plasma konvalesen dari rumah sakit. “ Senin, 19 Juli 2021, Bupati Jember H Hendy bersama beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti pengambilan sampel darah plasma konvalesen di pendapa Wahyawibawagraha. “ kemudian, hari ini, Selasa (20/7/2021) Bupati Jember dinyatakan lolos screening dan mendonorkan darah plasma konvalesen di gedung UDD PMI Kabupaten Jember.  Tercatat pasien atau pemohon darah plasma konvalesen yang antri sebanyak 9 pasien Covid-19,” pungkasnya. (amin)
amin Membangun Negeri Melalui Literasi

Post a Comment for "Bupati Jember Ajak Penyintas Covid 19 Donor Plasma Konvalesen"