Mengenal Hagglund BV206, Rantis PMI yang Bantu Evakuasi Korban APG Semeru

Hagglund BV206 atau Bandvagn 206 (Foto Gena PMI Jatim)
CERITARELAWAN.ID, Lumajang - Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan Hagglund BV206 atau Bandvagn 206 untuk membantu evakuasi warga korban awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Hagglund BV206 merupakan kendaraan taktis (rantis) untuk segala medan yang diproduksi oleh Alutsista global dari Swedia pada 1980.

Awalnya mobil mirip tank mini ini diperuntukkan militer Swedia.

Kendaraan multifungsi dan spesifikasi yang mumpuni dengan roda rantai yang bisa melintasi medan berat dengan suhu panas.

Selain itu bak bagian belakangnya bisa digunakan untuk mengangkut barang maupun orang dan sangat membantu untuk evakuasi korban tertimbun debu vulkanik serta lahar dingin di daerah yang sulit dijangkau kendaraan biasa. 

Hagglund BV206 terdiri dari dua bagian yang secara total mampu menampung 17 orang sekali jalan. Enam penumpang di kompartemen depan dan 11 di trailer bagian belakang.

Total daya angkut mencapai 2,250 kg dan trailer 2.500 kg.  

Ada Kendaraan Taktis Denjaka Keren Banget! Dimensi cukup luas dengan spesifikasi panjang 6,9 meter, lebar 1,87 m dan tinggi 2,4 m.

Hagglunds membekali kendaraan ini dengan mesin Ford Cologne V6 berkapasitas 2,8 liter terintegrasi dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan milik Mercedes-Benz W 4A-018.

Kendaraan ini telah digunakan oleh berbagai militer negara dunia dari bertempur, memberikan bala bantuan sampai evakuasi.

Ketangguhannya di segala medan membuatnya banyak banyak negara.

Kini, kegunaannya bergeser dan mulai masuk ke sektor pariwisata untuk mengangkut turis di resor ski di pegunungan Alpen.

Selain itu juga digunakan untuk pemadam kebakaran, ambulans, polisi gunung sampai ke sektor pertambangan.

Untuk satu unit Hagglund BV206 bekas militer dibanderol Rp2,2 miliar. Untuk harga barunya, pasti lebih tinggi di atas itu. (amin)

ceritarelawan.id
ceritarelawan.id portal informasi relawan dan umum.

Post a Comment for "Mengenal Hagglund BV206, Rantis PMI yang Bantu Evakuasi Korban APG Semeru"